Laporkan Masalah

IDENTIFIKASI STRATEGI LOW COST YANG DITERAPKAN PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA PT MADUBARU

KARTIKA PRADANA S, Dr. Sumiyana M.Si., Ak., CA.

2017 | Tesis | S2 Akuntansi

INTISARI Penentuan strategi yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing akan memberikan keunggulan kompetitif (competitve advantage) dan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Industri gula pasir nasional yang sedang terpuruk menuntut perusahaan produsen harus menerapkan strategi yang tepat untuk dapat bertahan di dalam industri. Karena gula pasir merupakan produk standar maka perusahaan menerapkan strategi biaya rendah. PT Madubaru merupakan salah satu produsen gula pasir, menerapkan strategi biaya rendah dalam kegiatan bisnisnya. Penelitian ini menganalisis kebijakan manajemen pada investasi yang dilakukan oleh perusahaan dari tahun 2007--2016. Hasil analisis kebijakan manajemen tersebut dapat diketahui bagaimana PT Madubaru menerapkan strategi untuk bersaing di dalam industri gula pasir. PT Madubaru melakukan peningkatan kapasitas produksi dengan investasi pada mesin-mesin baru yang memiliki kapasitas yang lebih besar dari yang sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan manajemen pada investasi yang dilakukan perusahaan gagal untuk menurunkan biaya produksi. Hal itu karena peningkatan kapasitas produksi tidak diikuti dengan ketersediaan bahan baku tebu sehingga menyebabkan kapasitas menganggur.

ABSTRACT Good strategy determination compared to competitors will provide a competitive advantage and improve the profitability of the company. The national sugar industry is in decline demanding that producer companies must implement the right strategy to survive in the industry. Sugar is a standard product so companies apply low cost strategies. PT Madubaru is one of the sugar producers, implementing low cost strategy in its business activities. This study analyzes the management policy on investments made by companies from 2007 to 2016. The results of management policy analysis can be known how PT Madubaru implemented a strategy to compete in the sugar industry. PT. Madubaru increased production capacity by investing in new machines that have larger capacity than before. The result of the research shows that the management policy on the investment made by the company fails to reduce the production cost. This is because the increase in production capacity is not followed by the availability of sugarcane raw materials, causing idle capacity.

Kata Kunci : strategi biaya rendah, keunggulan kompetitif, low cost strategy, competitive advantage

  1. S2-2017-387025-abstract.pdf  
  2. S2-2017-387025-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-387025-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-387025-title.pdf