Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI INTERNASIONALISASI BISNIS SMS A2P (APPLICATION TO PERSON) STUDI PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA INTERNATIONAL

MOHAMAD SAEFURAHMAN, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.,

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

TELIN memiliki visi sebagai Global Digital Hub, yakni perusahaan yang mampu menjadi hub (penghubung/perantara) komunikasi digital dunia melalui penyediaan infrastruktur, data center platform maupun solusi layanan. Sebagai bagian dari upaya mewujudkan visi tersebut, TELIN berencana untuk mengembangkan bisnis SMS A2P (Application To Person) ini ketingkat yang lebih tinggi, yakni dengan menjadi global hub SMS A2P dimana TELIN tidak hanya menawarkan Indonesia saja sebagai tujuan pengiriman trafik, namun juga akan menyasar negara-negara lain yang berpotensi besar. Dalam hal ini, bisnis A2P SMS TELIN akan diinternasionalisasikan. Penelitian yang dilakukan penulis, bertujuan untuk mengkaji secara obyektif strategi yang paling tepat bagi TELIN dalam mewujudkan cita-cita sebagai global hub SMS A2P dengan cara menganalisis faktor-faktor internal (IFE Internal Factor Evaluation) dan eksternal perusahaan (EFE External Factor Evaluation). Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis negara-negara mana yang sebaiknya menjadi prioritas TELIN untuk pengembangan layanan SMS A2P secara internasional. Melalui metoda analisis faktor-faktor internal dan eksternal yang kemudian dilakukan pemetaan matriks IE dan TOWS, didapatkan alternatif-alternatif strategi yang menjadi pilihan TELIN untuk diimplementasikan. Akhirnya, dengan menggunakan metoda QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) secara objektif diperoleh pilihan strategi yang paling tepat saat ini yakni "Mengembangkan layanan global SMS A2P hubbing dengan membangun kapabilitas internal dan memanfaatkan mitra TELIN eksisting (Voice Service) sebagai basis untuk eksplorasi mitra/ pemasok" Negara-negara yang menjadi prioritas TELIN untuk pengembangan layanan global hub SMS A2P disusun berdasarkan penilaian matrik Impact and Effort (Upaya dan Dampak) yang mana dilakukan penilaian untuk tingkat kesulitan mendapatkan mitra langsung di negara tersebut dan ukuran dampak bisnis yang akan diperoleh. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa negara USA, South Korea, Thailand, Vietnam, dan Jepang merupakan prioritas I bagi TELIN untuk bisa melakukan kerjasama dengan operator-operator seluler di negara-negara tersebut untuk penyaluran trafik SMS A2P.

TELIN has a vision become Global Digital Hub, a world hub of digital communications through providing infrastructure, data center, platforms and service solutions. As part of this vision, TELIN plans to expand its A2P SMS (Application To Person) business to a higher level by becoming a global hub for A2P SMS services where TELIN not only offers Indonesia as traffic destination, but also other potential countries as well. This research, aims to examine objectively the most appropriate strategy for TELIN in realizing the goal as a global hub A2P SMS by analyzing the internal factors (IFE Internal Factor Evaluation) and external factors of company (EFE External Factor Evaluation). The study also aims to analyze which countries should be TELIN's priority for development of A2P SMS services internationally. By analizing internal and external factors and then make them as inputs for IE and TOWS matrices, we obtained the strategy alternatives as TELI's options to be implemented. Finally, using the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) method, we get appropriate strategy objectively as follows: "Developing A2P SMS global hub by building internal capabilities and leveraging the existing TELIN's partners (Voice Service) as a basis for potential partner/supplier exploration" List of countries that become TELIN's target in delivering A2P SMS service global hub, structured on the basis of a Impact and Effort Analysis which is assessed for the difficulty level in obtaining a direct partner in the country and the size of the business impact to be gained. The calculation results show that USA, South Korea, Thailand, Vietnam, and Japan become the first priority for TELIN to cooperate with mobile operators in those countries for SMS A2P traffic distribution purposes.

Kata Kunci : SMS A2P, global hub, Internasinalisasi, IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), TOWS Matrix, Impact And Effort Matrix, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)

  1. S2-2017-391965-abstract.pdf  
  2. S2-2017-391965-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-391965-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-391965-title.pdf