PENGARUH GROUP-BASED PARENTING SUPPORT TERHADAP STRES PENGASUHAN ORANGTUA YANG MENGASUH ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTIS
DESVI YANTI MUKHTAR, Prof. Th. Dicky Hastjarjo., Ph.D
2017 | Disertasi | S3 PsikologiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dalam group- based parenting support yang berpengaruh terhadap penurunan stres pengasuhan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan the untreated control group design with dependent pretest and posttest samples jenis multiple nonequivalent comparisons group. Penelitian ini melibatkan 38 orangtua yang mengasuh anak autis, terdiri dari 31 ibu, 6 ayah, dan 1 nenek. Subjek dikelompokkan secara non-random ke dalam kelompok dukungan orangtua, kelompok psikoedukasi, dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Skala Stres Pengasuhan dan Skala Dukungan Sosial untuk mengukur variabel penelitian, observasi dan Tes Pengetahuan tentang Pengasuhan anak autis untuk manipulasi cek, serta Lembar Evaluasi untuk mengetahui penilaian subjek terhadap pelaksanaan group-based parenting support. Hasil manipulasi cek menunjukkan bahwa pengetahuan orangtua tentang pengasuhan anak autis meningkat setelah mengikuti group-based parenting support, baik pada kelompok dukungan orangtua maupun kelompok psikoedukasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara kedua bentuk variasi group-based parenting support. Kelompok dukungan orangtua (besar pengaruh 23,2%) lebih efektif untuk menurunkan tingkat stres pengasuhan dibandingkan kelompok psikoedukasi (besar pengaruh 6,8%). Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan proses diantara kedua kelompok. Pada kelompok dukungan orangtua, proses emosional, sosial, serta kognitif dan perilaku dialami oleh orangtua, sedangkan pada kelompok psikoedukasi, proses yang dialami lebih banyak berhubungan dengan kognitif dan perilaku. Berdasarkan hasil analisis tambahan, diketahui bahwa penurunan skor stres pengasuhan terutama terjadi pada aspek fisiologis dan sub aspek perilaku. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa subjek mendapatkan manfaat lain dari kegiatan ini seperti menambah teman, menambah rasa percaya diri dalam mengasuh anak, lebih bisa menerima kondisi anak, dan merasa mendapat dukungan dari profesional.
The aim of the research is to determine the process in the group- based parenting support that affects the decrease in the level of parenting stress. This research used experimental methodology with the design of multiple non-equivalent comparisons group. This research involved 38 parents who cared for children with autism, consisting of 31 mothers, 6 fathers, and 1 grandmother. Subjects were devided non-randomly into parent support group, psychoeducation group, and control groups. The data collection in this research was conducted by using the Scale of Parenting Stress and the Scale of Social Support to measure the research variabel, observation and Test of Knowledge about parenting of children with autism as check manipulation, and Sheet of Evaluation to know the subject's assessment on the implementation of group-based parenting support. The result of check manipulation shows that the knowledge of subject on parenting of children with autism increase after following the group-based parenting support, both in parent support group and psychoeducation group. The result of analysis shows that there is a difference between both of two variation forms of group-based parenting support. The parent support group (effect size is 23,2%) is more effective to decrease the level of parenting stress than the psychoeducation group (effect size is 6,8%). This happens because the processes in both of groups are different. In the parent support group, the emotional process, social, and cognitive and behavioral process are experienced by parents, whereas in the psycho-educational group, group processes are focused on cognitive and behavioral process. Based on additional result, the decrease of parenting stress especially on physiological aspect and sub-aspect of behavior. The result of the evaluation shows that subject get other benefits from this activity, for instance make a friend, increase confidence in parenting, be grateful for the condition of the children, and get support from professionals.
Kata Kunci : gangguan spektrum autis, group-based parenting support, kelompok dukungan orangtua, kelompok psikoedukasi orangtua