Laporkan Masalah

PENGUATAN IDENTITAS ETNIS DALAM MEDIA KOMUNITAS (Analisis Isi Identitas Karo dalam Tabloid Sora Sirulo Edisi Oktober 2006 - Desember 2012 dan website www.sorasirulo.com Januari 2013 - November 2014)

CHRISTA DEWI AMETHA SEMBIRING, Dr.Phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si. ; Drs. Budhy K. Zaman, M.Si.

2016 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Media komunitas merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang kurang menjadi perhatian media arus utama. Media komunitas yang mengusung isu etnisitas memberikan informasi mengenai satu etnis melalui cara pandang dan ketertarikan komunitas tertentu. Tabloid Sora Sirulo dan kelanjutannya www.sorasirulo.com mencoba untuk melakukan penguatan identitas etnis Karo dengan menarasikan Karo dalam bentuk berita dan cerita melalui kontennya. Tesis ini bertujuan untuk melihat bagaimana penguatan identitas etnis Karo dilakukan di dalam media komunitas pada bentuk tabloid cetak melalui strategi naratif dan dinamika komunikasi pada masa website. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif strategi teks narasi milik Fulton dan etnografi virtual milik Hine. Penelitian ini menyertakan wawancara mendalam dengan beberapa pengurus inti sebagai data pelengkap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan identitas etnis Karo di dalam media komunitas dilakukan dengan menginformasikan hal mendasar dan terutama mengenai sebuah etnis. Pengurus dan kontributor mencoba untuk membawa Karo ke ranah media dengan menunjukkan kesejarahan, kewilayahan, kesenian dan warisan kebudayaan berupa tangible dan intangible culture. Melalui proses pembentukan berita dan dinamika virtual di dalam media komunitas, terlihat penuturan dan penggambaran Karo yang berbeda dari pemahaman umum. Penguatan identitas Karo dilakukan dengan cara revitalisasi dan rethinking identitas Karo. Sora Sirulo menunjukkan dan mengingatkan kembali Karo sebagai satu etnis mandiri secara adat istiadat, kebudayaan dan memiliki peran sebagai bagian dari Indonesia. Kata kunci: penguatan identitas etnis, media komunitas, etnis Karo, analisis isi kualitatif, teks narasi, etnografi virtual, tabloid Sora Sirulo, www.sorasirulo.com.

Community media is a media that use to deliver message that becomes less concern in mainstream media. Community media that contain issues on ethnicity gives information about an ethnic through certain community perspective and interest. Tabloid Sora Sirulo and its continuation www.sorasirulo.com attempt to perform Karo ethnic identity reinforcement by narrating Karo in the form of news and story throught its content. This thesis is aimed to observe how Karo ethnic identity reinforcement is perform in community media on printed tabloid through narrative strategy and communication dynamic on website period. Method that used are qualitative content analysis narrative strategy by Fulton and virtual ethnography by Hine. This research includes indepth interview with some of the main member on the management as data complement. Result of this research shows that Karo ethnic identity reinforcement in community media are performed by informing fundamental matter about an ethnic. Management and contributor attempt to bring up Karo to media platform by showing historical, geographical, arts and cultural heritage in the form of tangible and intangible culture. Through news production process and virtual dynamic in the community media, seen that there is differences in discussion and representation about Karo from general knowledge. Identity reinforcement perform by revitalization and rethinking Karo identity. Sora Sirulo exhibit and recall Karo as an independent ethnic in customs, culture and has role as a part of Indonesia. Keywords: ethnic identity reinforcement, community media, Karo ethnic, qualitative content analysis, narrative text, virtual ethnography, tabloid Sora Sirulo, www.sorasirulo.com.

Kata Kunci : ethnic identity reinforcement, community media, Karo ethnic, qualitative content analysis, narrative text, virtual ethnography, tabloid Sora Sirulo, www.sorasirulo.com


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.