Laporkan Masalah

FAKTOR EPISTEMOLOGICAL BELIEF DALAM PEMBELAJARAN KOLABORASI PROBLEM BASED LEARNING

VERONIKA IKA BUDIASTUTI, Prof. Dr. Dra. Amitya Kumara,M.Si.; Prof. dr. Sri Suparyati Soenarto, Sp.A(K) PhD .; dr. Titi Savitri P., MA,M.MedEd, Ph.D.

2017 | Disertasi | S3 Ilmu Kedokteran

Latar belakang : Banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa pelaksanaan diskusi tutorial Problem Based Learning (PBL) tidak berjalan sesuai dengan harapan. Diskusi Problem Based Learning masih berjalan dengan dangkal. Mahasiswa tampak tidak berusaha mencari hubungan antara fakta-fakta atau data-data yang ada untuk membahas permasalahan yang muncul dalam diskusi. Ada banyak hal yang diduga menjadi faktor penyebabnya. Salah satunya adalah epistemological belief mahasiswa. Tujuan Penelitian : Ingin mengetahui gambaran pengaruh epistemological belief terhadap jalannya diskusi tutorial PBL Metode penelitian : Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengamatan terhadap ucapan yang dikeluarkan oleh 18 orang mahasiswa kedokteran Universitas Sebelas Maret saat mereka melaksanakan diskusi tutorial tahap pertama dan tahap kedua. Pengambilan data berikutnya berupa wawancara mendalam kepada narasumber untuk mengetahui motivasi mereka dalam melaksanakan diskusi PBL serta mengetahui persepsi mereka terhadap tutor. Hasil: Tampak beberapa perbedaan dalam gambaran yang ditampilkan oleh mahasiswa dengan epistemological belief yang mature maupun mahasiswa dengan epistemological belief naif dalam proses pelaksanakan diskusi tutorial PBL. Tampak juga perbedaan gambaran motivasi dan gambaran persepsi mahasiswa terhadap tutor di dalam dua kelompok mahasiswa tersebut. Gambaran-gambaran yang berbeda ini muncul akibat dari pengaruh tingkat kematangan epistemological belief yang dimiliki mahasiswa. Gambaran yang muncul menunjukkan mahasiswa dengan epistemological belief yang mature lebih sesuai dengan sistem pembelajaran PBL.

Background : Many studies have stated that the implementation of the Problem Based Learning (PBL)discussions did not go as expected. Many students undertake the PBL discussion superficially or just scratched the surface. During the tutorial discussion students tend to only provide reports or answers to questions given to them without attempting to analyze critically. There are many factors allegedly to be the causes. One of them is the level of student epistemological belief maturity. Objective : This study aims to figure out the influence of epistemological belief maturity on the implementation of PBL discussion. Methodology : This is a qualitative research with case study approach. The data were obtained by observing 18 Universitas Sebelas Maret medical students verbal interactions during PBL tutorial discussion. Data were also obtained by way of interviews with students. The interviews were conducted to understand the motivation of students in conducting PBL discussions, and to find out their perception about the tutors. Results : There are some differences in the depiction presented by students with mature epistemological beliefs as well as students with naive epistemological belief in implementing PBL discussions. These different descriptions emerge as a result of the influence of the maturity levels of students epistemological belief. The emerging image shows that students with mature epistemological belief were more appropriate with the PBL learning system.

Kata Kunci : Epistemological Belief, Problem Based Learning

  1. S3-2017-309329-abstract.pdf  
  2. S3-2017-309329-bibliography.pdf  
  3. S3-2017-309329-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2017-309329-title.pdf