PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN SPEAK UP ORANG TUA TENTANG KESELAMATAN PASIEN DI BANGSAL ANAK RSUP Dr. SARDJITO YOGYAKARTA
SEPTY NUR AINI, Dr. dr. Sri Mulatsih, MPH., Sp. A(K).; Patricia Suti Lasmani, S.Kep., Ns, MPH.
2017 | Tesis | S2 KeperawatanLatar Belakang: Keselamatan telah menjadi isu global di rumah sakit. Kejadian tidak diharapkan (KTD) terkait pelayanan kesehatan juga terjadi pada anak dan sekitar 75% berkaitan dengan prosedur medis. Keterlibatan orang tua menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan keselamatan pasien. Orang tua perlu diajari bagaimana aktif dalam perawatan anaknya. Keluarga yang memiliki pengetahuan tentang keselamatan pasien dapat mengedukasi diri mereka sendiri untuk mencegah dan mendeteksi kesalahan yang terjadi selama perawatan. Edukasi dapat meningkatkan pengetahuan tentang keselamatan pasien. Speak up direkomendasikan oleh JCAHO untuk meningkatkan komunikasi yang efektif dan memiliki dampak pencegahan terhadap human error. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan speak up orang tua tentang keselamatan pasien di Bangsal Anak RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimental dengan menggunakan desain one group pretest-posttest.. Intervensi dalam penelitian ini adalah edukasi tentang speak up keselamatan pasien. Sampel penelitian diambil dengan teknik consecutive sampling dengan jumlah sampel 62 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan lembar observasi speak up untuk mengetahui perubahan pengetahuan speak up. Analisa data menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil: Rata-rata pengetahuan orang tua meningkat setelah edukasi pada beberapa item speak up. Hasil paired T-test menunjukkan nilai p<0,001 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan bermakna pada pengetahuan speak up sebelum dan sesudah edukasi. Kesimpulan: Pemberian edukasi meningkatkan pengetahuan speak up orang tua tentang keselamatan pasien.
Background: Safety has become a global issue in hospitals. Unexpected events or errors related to health services also occur in children and about 75% are associated with medical procedures. Parental involvement becomes one of the strategies to improve patient safety. Parents need to be taught how to be active in the care of their children. Families who have knowledge of patient safety can educate themselves to prevent and detect errors that is occured during the treatment. Education can improve knowledge about patient safety. Speak up are recommended by JCAHO to improve effective communication and have a preventive impact on human error. Objective: This study aimed to determine the effect of education on the parent knowledge of speak up about patient safety in Children's Ward Dr. Sardjito Hospital Yogyakarta. Method: This research was quasi-experimental research using one group pretestposttest design. Intervention in this research was speak up education about patient safety. The sample of research was taken by consecutive sampling technique with total of samples were 62 respondents. The instruments used in this research was speak up s questionnaire and observation sheet to know the change of knowledge of speak up. Data analysis used Paired Sample T-Test. Result: The means of parents speak up knowledge increased post education on some patient safety items. The result of paired T-test showed p value <0,001 (p <0,05) which mean there is significant difference in speak up knowledge pre and post education. Conclusion: Education improved parents speak up knowledge about patient safety.
Kata Kunci : Speak up, Keselamatan pasien, Edukasi, Speak up, Patient Safety, Education