EKSPLORASI PRESENTASI DIRI ONLINE DALAM INSTAGRAM PADA REMAJA USIA SMA DI YOGYAKARTA
ALIFAH YULI NUGRAENI, Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si.
2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIIndividu saat ini tidak hanya hidup di dunia nyata, tetapi juga memiliki kehidupan di dunia maya. Oleh karena itu, individu perlu untuk mengatur presentasi diri di dunia maya melalui media sosial. Media sosial seperti Instagram yang berfokus pada foto dan video sangat sesuai untuk mempresentasikan diri. Meskipun demikian, fenomena presentasi diri di dunia maya belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konstruk presentasi diri online pada remaja pengguna Instagram, serta memahami lebih lanjut aspek dan faktor yang mendasari perilaku presentasi diri online. Faktor-faktor yang ditemukan dalam penelitian ini adalah citra diri positif, pemuasan diri, popularitas, dan emosi positif. Faktor-faktor tersebut memunculkan empat aspek presentasi diri online dalam Instagram seperti berbagi pengetahuan, memberikan manfaat, menjadi up to date, dan berafiliasi. Faktor-faktor menjadi alasan kemunculan aspek-aspek yang pada akhirnya memberikan luaran presentasi diri online dalam Instagram. Setelah pengguna Instagram melakukan aktivitas seperti mengunggah foto, maka individu akan mendapatkan perasaan positif, berharap akan respon, merasa netral, merasa malu, dan/atau merasakan bahwa dirinya menarik banyak perhatian. Presentasi diri online dalam Instagram dapat diibaratkan sebagai siklus karena setelah individu mendapatkan respon positif, individu cenderung mengulang perilaku, dan menjadikan citra diri positif sebagai tujuan utama dalam mengatur presentasi diri online. Di samping itu, presentasi diri dalam Instagram berkaitan dengan aktivitas berbagi pengetahuan, berafiliasi, dan pembentukan identitas.
People not only life in the real world, but they also life in the online world. Therefore, they do manage self-presentation through social media. Self-presentation is an intact part of human nature which is maintained to show positive image and use to attain people trustworthiness. Social media that focus on photo and video like Instagram is good to manage self-presentation. Meanwhile, only little who explore this phenomenon. This study aims to explore the construct of online self-presentation from adolescents who use Instagram, also understanding the aspects and factors underlied the Instagram online self-presentation behavior. Through open ended-questionnaire and member checking interview, this study identifies that there are four main factors and four aspects of Instagram online self-presentation. The factors are positive image, self-fulfillment, popularity, and positive emotion. These factors bring up four aspects of online self-presentation on Instagram users like knowledge sharing, giving benefit, become up to date, and affiliation seeking. The factors and aspets then form outputs of Instagram online self-presentation. After people do some activity, like posting photo, they will get positive feeling, expect for responses, feel neutral, shame, and feel that they may gain many attention from others. Instagram online self-presentation happen as cycle. After people get positive responses, they tend to repeat the behavior and make those positive image as goal in managing self-presentation. Besides that, all form of self-presentation indicates knowledge sharing, affiliation seeking, and identity forming with in.
Kata Kunci : presentasi diri online, remaja, Instagram/online self-presentation, adolescent, Instagram