Analisis Parenting Advantage PT Gama Multi Usaha Mandiri Berdasarkan Corporate Parenting Framework
ELMI IMAM PAMUJI, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.
2016 | Tesis | S2 ManajemenPerubahan dan perkembangan dunia bisnis yang terus bergerak dari waktu ke waktu menuntut manajemen perusahaan induk untuk terus mengembangkan strategi untuk bertahan dan berkembang. Salah satu strategi yang dilakukan cukup banyak perusahaan induk adalah strategi diversifikasi usaha atau portofolio unit bisnis, dengan strategi ini diharapkan perusahaan induk mampu memberikan nilai bagi unit usaha tersebut. Proses penciptaaan nilai tersebut muncul dari adanya wawasan penciptaan serta karakteristik pengasuhan perusahaan induk untuk selanjutnya perusahaan induk mampu mendapatkan strategi yang paling tepat bagi para unit bisnisnya (parenting advantage). Kemunculan konsep corporate parenting framework (Campbell & Goold & Alexander, 1995) ini berawal dari banyaknya perusahaan induk yang tampaknya telah memelihara unit usaha yang tepat namun performa unit bisnis tersebut tidak optimal apalagi menjadi pemenang dalam industrinya. Oleh karenanya konsep ini dipergunakan untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan apa saja unit bisnis yang seharusnya dimasukkan dalam portofolio bisnis sebuah perusahaan induk dan pendekatan seperti apa yang dapat dipergunakan untuk menjadikan performa unit bisnis optimal serta menjadi pemenang dalam industri bisnisnya. Corporate parenting framework ini dikembangkan menggunakan beberapa langkah diataranya adalah identifikasi karakteristik pengasuhan perusahaan induk, identifikasi faktor sukses kritis unit bisnis, identifikasi peluang pengasuhan unit bisnis dan penempatan posisi unit bisnis dalam matrik kesesuaian pengasuhan. Matrik kesesuaian pengasuhan ini menunjukkan posisi unit bisnis pada beberapa kategori yaitu heartland, edge of heartland, ballast, value trap dan alien territory business. Penempatan posisi unit bisnis dalam matrik ini didasarkan atas penilaian tingkat kesesuaian faktor sukses kritis dan karakteristik pengasuhan perusahaan induk serta kesesuaian antara peluang pengasuhan dengan karakteristik pengasuhan perusahaan induk. Setiap kategori bisnis tersebut membawa implikasi atas aplikasi strategi yang tepat bagi setiap unit bisnis.
Changes and developments in the business world continues to move from time to time require the parent company`s management to continue to develop strategies to survive and thrive. One of strategies that do pretty much the parent company is a diversified business strategy or portfolio of business unit. The value creation process arises from the insight into the creation of value as well as the characteristics of parent company for the next parent company is able to obtain the most appropriate strategy for the business unit. The emergence of the concept of corporate parenting framework (Campbell & Goold & Alexander, 1995) originated from the number of parent companies seems to have kept the business units the right, but the performance of the business unit can not be said to be optimal let alone a winner in the industry. Therefore this concept is used to determine the answers to questions any business unit that should be included in the portfolio of business a parent company and what kind of approach can be used to make the optimal performance of the business unit as well as a winner in the business industry. Corporate parenting framework was developed using several steps including the identification parenting characteristics, identifying critical success factor business unit, the identification of parenting opportunities business unit and the placement of business units in the parenting fit matrix. Parenting fit matrix will show the position of the business units in several categories: the heartland , edge of the heartland , ballast, value trap and alien territory. Positioning of business units in the parenting fit matrix based on the assessment of conformity level of critical success factors and character of the parent company as well as the compatibility between parenting opportunities with the character of the parent company . Each business category of the implications on the application the right strategy for each business unit .
Kata Kunci : corporate parenting framework, parenting advantage, parenting fit matrix, strategi diversifikasi, strategi perusahaan induk, penciptaan nilai, nilai perusahaan induk.