Laporkan Masalah

MOTIVASI KELOMPOK TANI DI KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN UNTUK MENGEMBANGKAN EKSPOR SALAK PONDOH

LISTIA AISYAH, Dr. agr. Sri Peni Wastutiningsih ; Subejo, S.P., M.Sc., Ph.D.

2016 | Skripsi | S1 PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

Bentuk-bentuk upaya yang dilakukan untuk mengembangkan usahatani salak pondoh guna menghadapi persaingan pasar global salah satunya adalah ekspor. Persaingan pasar global menuntut produk hasil panen kebun salak pondoh untuk dapat bersaing dengan produk buah dalam maupun luar negeri, baik dari segi kualitas dan kuantitas. Implementasi pengembangan ekspor salak pondoh yaitu berupa peningkatan kualitas buah, perluasan pasar, dan diversifikasi produk. Penelitian ini dilakukan di empat Desa di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, yaitu Desa Girikerto, Bangunkerto, Wonokerto, dan Donokerto dan memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui: (1) tingkat motivasi kelompok tani terhadap pengembangan ekspor salak pondoh, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kelompok tani terhadap pengembangan ekspor salak pondoh, dan (3) pengaruh motivasi terhadap upaya pengembangan ekspor salak pondoh dalam rangka menghadapi persaingan pasar global. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik survei. Pemilihan sampel kecamatan dilakukan secara purposive dan penentuan kelompok tani salak pondoh dengan cara proportional random sampling, sedangkan pengurus dan anggota yang mewakili kelompok tani dipilih secara acak sederhana. Total sampel berjumlah 32 kelompok tani yang masing-masing diwakili oleh 1 pengurus dan 2 anggota kelompok. Data dianalisis dengan menggunakan uji proporsi, regresi linier berganda, dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% kelompok tani salak pondoh di Kecamatan Turi memiliki tingkat motivasi yang tinggi untuk mengembangkan ekspor salak pondoh dengan motivasi existence sebesar 79,30%, motivasi relatedness sebesar 81,77%, dan motivasi growth sebesar 72,86%. Tingkat motivasi kelompok tani dipengaruhi secara signifikan oleh dua faktor yaitu sikap dan permintaan pasar yang masing-masing berpengaruh positif. Ditunjukkan bahwa motivasi juga berpengaruh positif terhadap upaya pengembangan ekspor salak pondoh di Kecamatan Turi dalam rangka menghadapi persaingan pasar global.

One of efforts to develop prominent local fruit of salak pondoh is exporting of product in order to face the global market competition. Global market competition demands salak pondoh to be able to compete with domestic and import fruits, in terms of both quality and quantity. The forms of implementation of salak pondoh export development are fruit quality improvement, market expansion and product diversification. This research was conducted in four villages in Turi District, Sleman Regency, they were Girikerto, Bangunkerto, Wonokerto, and Donokerto and the goals of research were to know: (1) the level of motivation of farmer groups for salak pondoh export development, (2) the factors which affect to farmer groups motivation for salak pondoh export development, and (3) the effect of motivation for salak pondoh export development efforts in order to face the global market competition. The basic method used in this research was descriptive by survey technique. The sample of districts was selected purposively and the selection of salak pondoh farmer groups by proportional random sampling, while the committee and members which represent the farmer groups were selected randomly. Total sample were 32 farmer groups, each group was represented by one the committee and two members of the group. Data were analyzed by proportion test, multiple linear regression and simple linear regression. The research results showed that more than 50% of salak pondoh farmer groups in Turi District had a high level of motivation to develop the salak pondoh export with existence motivation was at 79.30%, relatedness motivation was at 81.77%, and growth motivation was at 72.86 %. The level of motivation of farmer groups influenced significantly by two factors, they were the attitude and market demand which each has positive effect. Showed that motivation also had a positive effect for salak pondoh export development efforts in Turi district in order to overcome the global market competition.

Kata Kunci : Motivasi, kelompok tani, salak pondoh, pengembangan ekspor, persaingan pasar global, Kecamatan Turi/Motivation, farmer groups, salak pondoh, export development, global market competition, Turi District

  1. S1-2016-334883-abstract.pdf  
  2. S1-2016-334883-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-334883-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-334883-title.pdf