Laporkan Masalah

PERAN INFORMASI VIRAL DAN EMPATI TERHADAP KECENDERUNGAN MENOLONG PENGGUNA MEDIA SOSIAL

AININ RAHMANAWATI, Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si.

2018 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI

Internet sebagai produk perkembangan teknologi sangat berperan penting sehingga semua aktivitas dapat dilakukan dengan mudah. Penyebaran informasi melalui internet dapat terjadi dengan sangat cepat. Hal ini dapat membuat informasi tersebut menjadi viral. Adanya informasi yang tersebar mengenai sosial-kemasyarakatan dapat memunculkan empati dan keinginan untuk menolong pada penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran informasi viral dan empati terhadap kecenderungan menolong pengguna media sosial. Metode eksperimen dan korelasional dilakukan dalam penelitian ini dengan melibatkan 64 subjek berusia 18-21 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa informasi viral mampu meningkatkan kecenderungan menolong pengguna media sosial; sementara empati dinyatakan tidak memiliki pengaruh terhadap kecenderungan menolong penggunanya.

The internet as a product of technological development plays an important role in human life, so that all activities can be done easily. The spread of information through the internet can occur very quickly and it can make the information becomes viral. The existence of information about social-society can bring empathy and desire to help in social media users. This study aims to determine the role of viral information and empathy to the tendency for help in social media users. Experimental and correlational methods were carried out in this study involving 64 subjects aged 18-21 years. The results show that viral information can increase the tendency for help in social media users; while empathy was stated to have no influence on the tendency to help in users.

Kata Kunci : informasi viral, empati, kecenderungan menolong

  1. S2-2018-392223-abstract.pdf  
  2. S2-2018-392223-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-392223-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-392223-title.pdf