Laporkan Masalah

Eksplorasi Relasi Sosial Supervisor-Staff di PT. Pegadaian (Persero)

LIFTHYA AHADIATI A, Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si.

2016 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Persaingan industri yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk selalu dapat melakukan continuous improvement sebagai upaya untuk mempertahankan competitive advantage yang dimiliki. PT. Pegadaian (Persero) sebagai salah satu BUMN yang berperan sebagai agent of development, memahami bahwa persaingan dengan industri swasta menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan dan perbaikan layanan. Relasi sosial antar supervisor-staf memainkan peranan penting dalam implementasi perubahan di perusahaan sebagai agen organisasi yang merealisasikan setiap kebijakan. Tujuan penelitian ini adalah memahami relasi sosial yang efektif antara supervisor-staf beserta faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory. Pengambilan data menggunakan in-depth interview dan observasi. Data dianalisis menggunakan open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi supervisor-staf diistilahkan sebagai partnership yang berarti hubungan antara dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Relasi supervisor-staf terdiri dari empat dimensi yaitu: keterbukaan, knowledge sharing, dukungan, dan kolaborasi. Relasi supervisor-staf di PT. Pegadaian (Persero) bersifat mutual reciprocal relationship.

Increasingly fierce industry competition requires companies always be able to do continuous improvement in order to maintain a competitive advantage As one of SOE's agent of development, PT. Pegadaian (Persero) understand that implementation of change was needed to competen with private sector. Relationships between supervisor-staf play an important role in the changes implementation in the company as an agent that realizes each policy. The aim of this study to determine the concept and factors of effective supervisor-staf relationships. Qualitative research with a grounded theory approach was used for this study. Data gathered by in depth interviewed and open-ended questionnaire. Data was analyzed by open coding, axial coding, and selective coding. The result of this study reflected supervisor-staf relation as partnership which mean relationship between two or more people working together to achieve certain objectives. The relationship between supervisor and staff influenced by personal, interpersonal, and organizational factors. Four dimensions also found in the relationships were openess, knowledge sharing, support, and collaboration. Relationship between supervisor and staff at PT. Pegadaian (Persero) was mutual reciprocal relationship.

Kata Kunci : social relationship, supervisor-staff relation, supervisor, staff, partnership

  1. S2-2016-373313-abstract.pdf  
  2. S2-2016-373313-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-373313-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-373313-title.pdf