Laporkan Masalah

Analisis Struktur Kos Spare Part pada Perusahaan Manufaktur Guna Mencapai Cost Competitiveness

GHAISANI SINA A, Mahfud Sholihin, M.Acc., Ph.D.

2016 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Sebelum tahun 2014 belum ada kebijakan khusus untuk menganalisis perubahan kos produk spare part pada Msol Corp. Namun rupanya kos produk semakin fluktuatif dan rentan terhadap sensitivitas pasar. Kondisi ini menyebabkan MSol Corp. dituntut untuk dapat memberikan harga dan kos spare part yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk yang memiliki permintaan pasar terbesar, produk yang selalu mengalami kenaikan kos, komponen penyebab kenaikan kos, serta strategi perusahaan dalam menghadapi fenomena tersebut. Penelitian dilakukan selama enam bulan bersamaan dengan kegiatan magang di perusahaan terkait. Data diperoleh melalui observasi secara langsung dan diperkuat dengan wawancara dengan pihak manajemen. Hasil penelitian menunjukkan empat hal seperti berikut: terdapat 139 buah fast moving spare part yang 20 diantaranya selalu mengalami kenaikan setiap periode review; proporsi overhead cost semakin lama semakin meningkat dan hampir menyerupai proporsi material mentah; komponen terbesar kos produk spare part merupakan material mentah, namun kenaikan terbesar pada kos produk disumbang oleh overhead cost; perusahaan memiliki dua strategi dalam menghadapi kenaikan kos produk yaitu analisis kos produk dan lokalsasi material.

Prior to 2014 there was no specific policy to analyze the change of spare part’s product cost in MSol Corp. However, apparently the product cost becoming fluctuating and susceptible to market sensitivity. This condition makes MSol Corp. required to provide a competitive cost and price for spare part. This study aims to determine which product has the greatest market demand, product with ever-increasing cost, component that causes cost increase, and company’s strategies in dealing with the phenomeon. The study was conducted over a six-month internship program in related company. The data were obtained through direct observation and strengthened by interviewing the management. The result showed the following four things: there were 139 fast moving spare parts where 20 of them always increased in every period; the proportion of overhead cost progressively increased and almost resembled the proportion of raw material; the greatest component of product cost is raw material, however the largest increasing on product cost was contributed by overhead cost; the company has two strategies in dealing with rising cost: product cost analysis and material localization.

Kata Kunci : kos produk, kos pemanufakturan, cost competitiveness

  1. S1-2016-335896-abstract.pdf  
  2. S1-2016-335896-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-335896-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-335896-title.pdf