Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi pada Kinerja Perusahaan: Peran Pengukuran Kinerja sebagai Pemediasi Studi Pada UMKM di Yogyakarta

MUHAMMAD GHUFRANI FAZA, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.

2016 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Salah satu strategi bersaing yaitu strategi diferensiasi, diterapkan oleh perusahaan untuk mendapatkan kinerja perusahaan yang disasarkan. Strategi ini dinilai relevan dalam menjawab persaingan bisnis. Namun, perusahaan membutuhkan sistem pengukuran kinerja untuk membantu eksekusi strategi diferensiasi sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pemediasian pengukuran kinerja terhadap pengaruh strategi diferensiasi pada kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja terbagi atas dua dimensi yaitu pengukur finansial dan pengukur non-finansial. Sampel dalam penelitian ini adalah UMKM di D.I. Yogyakarta dari berbagai industri berjumlah 119 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode simple regression dan multiple regression untuk mengetahui pengaruh pemediasian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua dimensi pengukuran kinerja, yaitu pengukur finansial dan pengukur non-finansial, secara signifikan memediasi pengaruh strategi diferensiasi pada kinerja perusahaan secara parsial.

One of the competitive strategies is differentiation strategy, executed by the firm to achieve the firm�s performance that targeted. This strategy is considered to be relevant in answering the business competition. However, companies need a performance measurement system to assist the execution of the differentiation strategy so that the company can improve its performance. This study aims to examine and analyze the mediation effect of performance measurement towards the effect of differentiation strategy on firm performance. Performance measurement is consist of two dimensions, they are finansial measure and non-financial measure. The sample in this study is micro, small, and medium entreprises (MSMEs) in Yogyakarta Special Province of Indonesia, from various industries that amounted to 119 samples. The data collection is done by survey method using questionare. Data analysis was done by using simple regression and multiple regression method to determine the mediation effect. This research results indicate that the two dimensions of performance measurement, which are financial measure and non-financial measure, partially mediates the effect of differentiation strategy on firm performance significantly.

Kata Kunci : Strategi Diferensiasi, Pengukuran Kinerja, Pengukur Finansial, Pengukur Non-Finansial, Kinerja Perusahaan

  1. S1-2016-330588-abstract.pdf  
  2. S1-2016-330588-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-330588-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-330588-title.pdf