Laporkan Masalah

Ambiguitas dalam Bahasa Inggris (Studi Kasus dalam Novel, Iklan, Humor dalam Bahasa Inggris)

SRI AGUSRAWATI, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A.

2016 | Tesis | S2 Ilmu Linguistik

Penelitian ini membahas tentang ambiguitas dalam novel, iklan, dan humor. Ambiguitas adalah salah satu topik dalam semantik yang banyak ditemukan penggunaannya seperti dalam karya sastra (novel), iklan, dan humor. Oleh karena itu ambiguitas merupakan salah satu topik penting yang memberikan kontribusi disetiap penggunaannya, penggunaan ambiguitas memiliki tujuan yang berbeda-beda berdasarkan penggunaannya di setiap tempat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk ambiguitas dalam novel, iklan, dan humor, (3) menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya ambiguitas, dan (3) mendeskripsikan fungsi-fungsi ambiguitas. Novel, iklan, dan humor dipilih untuk menjadi sumber data karena ketiga sumber data tersebut tidak jarang menggunakan ambiguitas dengan tujuan tertentu. Penggunaan ambiguitas akan memberikan fungsi tersendiri dalam novel, iklan, dan humor. Dan pemilihan ketiga sumber data tersebut untuk melihat sejauh mana pemanfaatan ambiguitas dalam ketiga sumber data tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut (1) bentuk-bentuk ambiguitas yaitu ambiguitas leksikal, ambiguitas fonetik, dan ambiguitas struktur yang terjadi dalam bentuk kata, frase, dan kalimat, (2) faktor-faktor penyebab ambiguitas terdiri dari tiga yaitu kegandaan makna karena homonimi dan polisemi, acuan yang tidakjelas, dan susunan frase dan struktur,(3) fungsi ambiguitas yang berbeda berdasarkan penggunaannya, pada novel berfungsi untuk lebih menghidupkan teks, pada iklan untuk menarik perhatian pembeli, dan pada humor untuk menciptakan kejenakaan.

This study discusses ambiguities in novel, advertisement, and humor. Ambiguity is one topic in semantics that many found its use as in literature (novels), advertisement, and humor. Hence the ambiguity is one of the important topics that contribute to each use, the use of ambiguity has different objectives, depending on their usage in every place. This study aims to (1) describe the forms of ambiguity in the novel, advertisement, and humor, (3) explain the factors the causes of ambiguity, and (3) describes the functions of ambiguity. Novel, advertisement, and humor have to be a source of data for all three data sources is not uncommon to use the ambiguity with a specific purpose. The use of ambiguity will provide its own function in the novel, advertisement, and humor. And the selection of the three sources of data to look at the extent to which the use of ambiguity in the three sources of data. This study uses qualitative descriptive method. From the research conducted, the results are as follows: (1) the forms of ambiguity is the ambiguity of the lexical, phonetic ambiguity, and the ambiguity structures occurring in the form of words, phrases, and sentences, (2) factors that cause ambiguity consists of three that multiplicity of meaning for homonymy and polysemy, reference is unclear, and the composition and structure of the phrase, (3) ambiguity function differently based on their use, the novel serves to further animate the text, in advertisements to attract the attention of buyers, and the humor to create antics.

Kata Kunci : Kata kunci: Ambiguitas, semantik, sintaksis, bentuk, penyebab, fungsi.

  1. S2-2016-373564-abstract.pdf  
  2. S2-2016-373564-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-373564-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-373564-title.pdf