Laporkan Masalah

ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI di PT ABC DENGAN BALANCE SCORECARD

ALFIAN WOWOR, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Tujuan dari penelitian ini untuk membantu manajemen PT ABC dalam merumuskan implementasi strategi untuk bertahan dalam industri yang bersaing sekaligus bertumbuh dengan baik melalui pendekatan balanced scorecard. Analisis dalam penelitian dilakukan pada empat perspektif balance scorecard. Selain untuk mendapatkan sasaran strategis, penelitian juga ditujukan untuk mendapatkan ukuran strategis, inisiatif strategis dan peta strategi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan eksploratif. Penelitian dilakukan di PT ABC, melalui wawancara mendalam terhadap beberapa responden dan melakukan kajian literatur untuk menganalisis aspek-aspek pertanyaan penelitian. Setelah menemukan data, kemudian disusun kedalam sasaran strategis masing-masing perpektif hingga menyusun kerangka logika sebab akibat strategis yang dipaparkan kedalam strategic map. Hasil penelitian menemukan pertumbuhan perusahaan yang melamban di tengah pasar yang tumbuh disebabkan beberapa faktor. Oleh karenanya dibutuhkan redesign sasaran strategi dan implementasinya. Sasaran Strategis yang relevan untuk menopang pencapaian visi perusahaan diurai beserta ukuran strategis dan inisiatif strategisnya. Setiap sasaran strategis masing-masing perspektif balanced scorecard diarahkan untuk menjalankan tujuan strategis bertahan dan bertumbuh. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pembiayaan di Indonesia yang pada saat ini menghadapi masalah penurunan kinerja di tengah industri pembiayaan yang tumbuh. Sejumlah model analisis yang ditemukan dalam kajian pustaka, dapat digunakan untuk mempermudah dan mengarahkan analisis pada masing-masing perspektif, sehingga mempermudah implementasi balance scorecard di masa depan.

The purpose of this research is to assist the management of ABC Company in formulating implementation strategies for surviving in a competitive industry and well developed through balanced scorecard approach. The analysis of this research conducted on four perspectives of balance scorecard. In addition to get the strategic objectives, the research is also aimed to get the strategic measurement, strategic initiatives and strategy map. The research method used in this research is qualitative and explorative method. The research is conducted at ABC Company by using in-depth interviews to some respondents and does a study of the literature to analyze the aspects of the research questions. After discovering the data, the data will be arranged into the strategic objectives of each perspective until it composes the framework of strategic cause and effect which is presented into strategic map. The result study finds the growth of the company that slows down in the midst of a growing market due to several factors. Therefore, redesign is needed in target strategy and implementation. The relevant strategic target to support the achievement of the company’s vision parsed with its strategic measurement and strategic initiatives. The strategic objectives of each balance scorecard perspective are directed to run sustain strategy and growth strategy. This research is conducted on the finance company in Indonesia which currently faces the problem of performance degradation in the midst of the growth of finance industry. A number of model analysis which is found in the literature review can be used to ease and direct the analysis on each perspective, so it can ease the implementation of balance scorecard in the future.

Kata Kunci : Implementation of Balance Scorecard, Balance Scorecard Perspective Analysis, Strategic Objective, Strategic Measurement, Strategy Map, Strategy Management, Financing Company, Non-Bank Financial Industry

  1. S2-2019-402334-abstract.pdf  
  2. S2-2019-402334-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-402334-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-402334-title.pdf