Laporkan Masalah

PERANCANGAN MODEL BISNIS SOZAKU

HIRO SAMUEL SALIM, Bayu Sutikno, SE., Cand.Merc., PhD.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Permasalahan klasik yang ada dalam hubungan komunikasi antara universitas dan perusahaan menyebabkan para lulusan yang ada mengalami berbagai tantangan, situasi ini terjadi baik pada lulusan sarjana maupun pasca sarjana. Pada penelitian ini, permasalahan difokuskan kepada para mahasiswa yang sudah bekerja dan sedang mengambil pasca sarjana maupun yang sudah lulus. Tujuan penelitian Perancangan Model Bisnis Sozaku adalah untuk mengkaji kelayakan model bisnis dari Sozaku yang menghubungkan institusi bisnis dengan universitas dengan metoda deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, sebagian besar dari para mahasiswa memutuskan mengambil S-2 karena ingin membuka wawasan baru, mendapat skill baru, meningkatkan nilai kompetitif dalam diri, dan mendapat jaringan baru di dunia profesional. Para mahasiswa tersebut tentu memiliki tujuan utama yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan maupun karir di perusahaan ataupun tempat lainnya. Pilihan universitas yang diambil dari para responden pun terbagi atas universitas negri dan swasta favorit karena para responden percaya bahwa universitas yang diambil dapat membekali ilmu yang diperlukan untuk mencapai tujuan dalam hal karir maupun kompensasi yang lebih baik. Model bisnis dari Sozaku layak untuk ditindaklanjuti setelah proses observasi maupun wawancara yang dilakukan dengan pihak perusahaan dan universitas. Penekanan terhadap nilai proposisi yang unik dari Sozaku adalah untuk membentuk aliansi strategis dan saling menguntungkan antara perusahaan dan universitas. Kedua institusi ini mengharapkan adanya suatu badan yang dapat menjembatani komunikasi yang ada karena keterbatasan dan fokus masing-masing yang tak dapat dilewati. Analisa kelayakan bisnis juga dilakukan terhadap Sozaku dan didapatkan hasil payback period dalam 27 Bulan, Net Present Value Rp 5.133.835.203 dan IRR sebesar 131%. Proses pembentukan bisnis dapat ditindaklanjuti dan proses komunikasi terhadap perusahaan maupun universitas yang akan terlibat merupakan tahap awal.

The classic problem that exists in the relationship between universities and companies is the communication and it really impacts the graduates to experience various challenges, this situation exist and can be seen in both of undergraduate and postgraduate. In this study, the problem is focused on students who had worked and were taking postgraduate studies and those who had graduated. The purpose of Designing Business Model of Sozaku is to examine the feasibility of Sozaku business model that bridging the business institutions with universities with qualitative descriptive approach methods. Based on the survey results that been taken in between 2017-2018, most of the students decided to take the postgraduate study because they want to get new insights and new skills, increase competitive value in theirselves, and get a lot of network in the professional world. Those people certainly have main goal that at the end of the day will ultimately increase their income and get better career in current company or other places. The survey also target someone who graduates or still learning in some favourite state university and private university, we decide this because most of the respondents believe that their education background or university could provide the knowledge needed to achieve career goals and better compensation. The business model of Sozaku is feasible to be followed up after the process of observation and interviews conducted with the company and the university. The emphasis on the Sozaku unique value proposition is to form strategic and mutually beneficial alliances between companies and universities. Both of these institutions expect an organization that can bridge existing communication between them because of the limitations and focus of each that cannot be changed. The business feasibility analysis is also conducted on the Sozaku with results of the payback period in 27 months, Net Present Value is Rp 5,133,835,203 and IRR is about 131%. Establishing the company with this concept will be very interesting and communication with some companies and universities just only an initial stage.

Kata Kunci : Universitas, Perusahaan, Perantara, Model Bisnis Sozaku, Aliansi Strategis, University, Company, Intermediary, Sozaku Business Model, Strategic Alliance

  1. S2-2019-387272-abstract.pdf  
  2. S2-2019-387272-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-387272-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-387272-title.pdf