Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK LAYANAN PENGEMBANGAN WEBSITE USAHAWAN PT XL AXIATA

CHANDRA ADHITYA E, Prof. Basu Swastha Dharmmestha, MBA, Ph.D

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Usahawan merupakan layanan pengembangan website berbasiskan cloud milik PT XL Axiata yang diluncurkan sejak Oktober 2014. Cita-cita XL pada Usahawan adalah untuk menyediakan layanan digital melayani pangsa pasar Indonesia yang juga berpotensi untuk dijual kepemilikannya sebagai satu unit bisnis dan merek dagang kepada investor lain. Sasaran utama Usahawan adalah menjaring sebanyak-banyaknya pengguna melalui registrasi online sehingga dengan jumlahnya yang besar dapat menarik minat investor. Obyektif tersebut ternyata tidak berjalan dengan baik karena hingga April 2016 Usahawan hanya memiliki 17 pengguna terdaftar. Sejak bulan April 2016 tersebut, manajemen memutuskan agar Usahawan dihentikan terlebih dahulu untuk kemudian dilakukan penataan ulang strategi dan peluncuran ulang yang direncanakan pada tahun 2017. Setelah dilakukan analisis, kondisi ini disebabkan oleh kurangnya tim dalam memahami pengguna dan juga ketidakmampuan Usahawan dalam mengidentifikasi faktor kunci kesuksesan bersaing di industri ini. Analisis dalam menyusun strategi di tahun 2017 dilakukan melalui wawancara mendalam pada tim Usahawan dan pelanggan potensial kemudian dilanjutkan dengan menggunakan analisis lingkungan eksternal dan internal. Penyusunan strategi tahun 2017 dikuantifisir menggunakan matriks profil kompetisi untuk mengidentifikasi posisi Usahawan dibandingkan dengan pesaingnya. Setelah analisis dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 10 faktor kunci kesuksesan yang berpengaruh pada penyedia layanan pengembangan website. Usahawan mendapat nilai terkecil dibandingkan dengan Wordpress.com dan RumahWeb sebagai penyedia layanan. Pengembangan strategi pemasaran harus disertai juga dengan inovasi pada produk Usahawan itu sendiri mengingat pelanggan memiliki berbagai opsi layanan. Dengan demikian obyektif jangka panjang yaitu penjualan unit bisnis Usahawan kepada investor harus bersinergi dengan obyektif jangka pendek yaitu meningkatkan jumlah pelanggan sebanyak-banyaknya.

Usahawan is a stand alone business unit officially under PT XL Axiata which provide cloud based website development. XL's objective is treating Usahawan using digital startup mindset that under certain circumstances will be purchased by external investor on the future as a business unit and as a brand. In order to reach that goal, Usahawan supposed to have unique factor that will be interesting for investor such as significant number of valid registered users. Unfortunately, Usahawan didn't get significant traction after running for more that one years since 2014. XL management along with Usahawan's crew decided to hold this service on June 2016. These wake up call pushing Usahawan's crew to evaluate the strategy in order to pursue long term goal which is getting acquired by external investor. Analysis method obtained by using deep interview for Usahawan's crew and potential users in order to get valid information according to current situation and future expectation. Analyzing tools using external analysis, internal analysis, competitive profile matrix (CPM), TOWS strategy and 4P marketing to redefined the strategyy. Conclusions occur after analysis includes ten key success factors to heavily compete with Wordpress.com a foreign giant cloud based player and RumahWeb a local manual hosting player in website development industry. There are two conditions in website development which are cloud based provider or manual hosting (non-cloud provider). According to CPM, Usahawan has the lowest rating compared with those players. Fortunately, Usahawan has identified their internal capabilities and unique selling in order to attract users and also investor through the analysis. In a long run, Usahawan is ready to accept challenges and completely ready to compete in the market with their brand new strategy.

Kata Kunci : PEST Analysis, Porter 5 forces, VRIN test, TOWS Strategy, competitive profile matrix, strategic marketing, website

  1. S2-2017-374671-abstract.pdf  
  2. S2-2017-374671-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-374671-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-374671-title.pdf