Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI KESATUAN BISNIS MANDIRI WISATA PERHUTANI PADA PERSAINGAN BISNIS PENGELOLAAN OBJEK WISATA DALAM INDUSTRI PARIWISATA DI PROVINSI JAWA BARAT

ANDIKA ADISUKMA, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., MBA., Ak., CA.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian yang berjudul Analisis Strategi Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata Perhutani Pada Persaingan Bisnis Pengelolaan Objek Wisata Dalam Industri Pariwisata di Provinsi Jawa Barat, bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan, ancaman dan peluang perusahaan, mengevaluasi strategi yang digunakan saat ini dalam menghadapi persaingan industri pariwisata, dan mengindentifikasi strategi alternatif untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara kepada jajaran manajemen Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata Perhutani Jawa Barat, dan data sekunder diperoleh dari publikasi Badan Pusat Statistik, Kementerian Pariwisata, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, dan sumber lainnya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis eksternal (karakteristik industri, Porter's five forces, driving forces, key success factor), dan analisis lingkungan internal (kemampuan fungsional perusahaan, VRIN test terhadap intangible dan tangible resources perusaahaan). Analisis SWOT selanjutnya digunakan untuk mengidentifikasi strategi alternatif berdasarkan pada analisis eksternal dan internal yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi low cost provider yang diterapkan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata Perhutani Jawa Barat kurang sesuai dengan perubahan lingkungan yang terjadi. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan strategi alternatif untuk menghadapi perubahan lingkungan agar dapat memenangkan persaingan di masa yang akan datang. Strategi alternatif yang dapat dipertimbangkan adalah best cost provider strategy.

This study entitled Strategy Analysis of Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata Perhutani on Business Competition of Tourist Attraction Management in Tourism Industry of West Java Province is aimed to analyze the strengths and weaknesses, threats and opportunities, evaluating current strategy in dealing with competition in tourism industry, and identify alternative strategies which are needed to improve company's performance. This study uses primary and secondary data. Primary data is generated from interviews with the top management of Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata Perhutani Jawa Barat, and secondary data is generated from data published by Badan Pusat Statistik Nasional, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, and others. The method of analysis used in this research include the analysis of the external environment (analysis of industry characteristic, five forces analysis, driving force analysis, key success factor analysis), and the analysis of internal environment (functional capabilities, VRIN test of tangible and intangible resources analysis). Finally, SWOT analysis used to identify alternatives strategies based on external and internal analysis. The results of this study showed that the current strategy adopted by the company is less suitable to anticipate the changes of industry's environment. Therefore, company need to consider alternative strategy in dealing with changing environments in order to win the competition in the future. The alternative strategy is best cost provider strategy.

Kata Kunci : Analisis karakteristik industri, analisis Porter's Five Forces, analisis driving forces, analisis Key Success Factors, analisis SWOT, analisis sumber daya, dan analisis kapabilitas fungsional, strategi alternatif.

  1. S2-2017-373016-abstract.pdf  
  2. S2-2017-373016-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-373016-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-373016-title.pdf