Laporkan Masalah

GLOBALISASI BUDAYA POP JEPANG MELALUI INDUSTRI KREATIF JEPANG DI INDONESIA

MUHAMMAD HADYAN HIRZI, Dra. Siti Daulah Khoiriati, M. A.

2017 | Skripsi | S1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

Kebudayaan merupakan ciri khas sebuah bangsa. Seiring dengan perkembangan teknologi pun, kebudayaan juga mengalami perubahan bentuk, menyesuaikan dengan kondisi masyarakat yang ada. Salah satu negara dengan kebudayaan yang paling dikenal di dunia adalah Jepang. Berbagai macam produk dari kebudayaan Jepang seperti anime atau manga menjadi sebuah identitas tersendiri bagi Jepang. Dalam perkembanganya, budaya pop Jepang tidak hanya menjadi konsumsi bagi masyarakat Jepang saja namun juga masyarakat dunia. Kemajuan teknologi, seperti keberadaan internet turut mendorong terjadinya hubungan transnasionalisme antar negara. Selain teknologi, pihak pemerintah dan perusahaan Jepang pun memiliki andil dalam persebaran budaya pop tersebut. Popularitas dari produk kebudayaan Jepang tersebut sangatlah besar, menciptakan sebuah komunitas tersendiri yang di sebut sebagai otaku, di berbagai pelosok dunia. Keberadaan otaku ditandai dengan fanatisme yang tercipta didalam masyarakat terhadap budaya pop Jepang. Indonesia pun tidak lepas dari menggemanya popularitas budaya pop Jepang tersebut. Skripsi ini akan membahas bagaimana industri kreatif Jepang menjembatani masuknya budaya pop Jepang ke Indonesia, serta mendorong penerimaan oleh masyarakat Indonesia.

Culture is distinct characteristic of a nation. Along with the development of technology, culture is ever evolving, adjusting to the existing conditions of society. One of the most culturally recognized countries in the world is Japan. Various products from Japanese culture such as anime or manga become a national identity for Japan. In its development, Japanese pop culture is not only consummed by the Japanese society but also the world community. Technological advances, such as the presence of the Internet, have contributed to the development of transnational relations between countries. In addition to technology, the government and Japanese companies also have a share in the spread of the Japanese pop culture. The popularity of the Japanese cultural product is enormous, creating a distinctive community that is called otaku, in various parts of the world. The existence of otaku is characterized by the fanaticism of the Japanese pop culture by certain individual, forming a like minded group between them. Among the countries that have been infected by the popularity of Japanese pop culture were Indonesia. This thesis will discuss how the Japanese creative industry bridged the entry of Japanese pop culture to Indonesia, and how the Indonesian society accepted Japanese pop culture.

Kata Kunci : budaya pop, otaku, transnasionalisme, industri kreatif

  1. S1-2017-296304-abstract.pdf  
  2. S1-2017-296304-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-296304-title.pdf