Laporkan Masalah

MEDIA MONITORING DONE BY PUBLIC RELATIONS AND PROTOCOL OFFICE OF UNIVERSITAS GADJAH MADA

AGUS FERIYANSYAH, Tri Nuraniwati, S.S, M.A.

2017 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

INTISARI Tujuan utama karya tulis ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses media monitor terhadap UGM yang dilakukan oleh bagian Humas dan Protokol UGM yang berlokasi kantor di gedung pusat UGM. Metode riset yang digunakan adalah mengumpulkan data, menganalisis, dan menyajikan data yang telah diproses. Data didapat dari pekerjaan sehari-hari seorang karyawan Humas UGM yang bertugas membuat klipping berita. Menggunakan metode tersebut, data yang digunakan merupakan data yang diperoleh penulis selama program magang dari bulan Januari sampai dengan Maret 2017 di Humas UGM. Penulis mencatat informasi dan melakukan riset pustaka untuk mendapatkan pemahaman mengenai konsep media monitoring. Monitoring yang dilakukan fokus pada media cetak yaitu Koran dan majalah. Dalam proses nya ada 4 tahap untuk melakukan media monitoring. Pertama adalah mengumpulkan berita dengan kata kunci “UGM” dan “Universitas Gadjah Mada” yang diperoleh dari 14 koran dan 1 majalah. Kedua adalah melakukan pencatatan. Ketiga memindai berita dan menyimpannya sebagai data elektrik dalam komputer. Proses terakhir adalah mengunggah berita kedalam akun resmi UGM yang beralamat di www.ugm.ac.id dan dapat dikonsumsi oleh publik. Berita dikelompokkan kedalam kategori positif dan negatif yang keseluruhannya harus ditulis dan diunggah. Dalam penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam kurun waktu Januari sampai dengan Maret 2017 tercatat berita tentang UGM yang bersifat positif ada 827 judul dengan persentase sebesar 97,9 persen, sedangkan untuk yang bersifat negatif tercatat ada 18 judul dengan persentase sebesar 2,1 persen.

The main purpose of this paper is to analyze the media monitoring process done by Public Relations and Protocol UGM. The research method used is to collect data, analyze, and present data that has been processed. Data obtained from the daily work of a UGM Public Relations employee in charge of clipping the news. Using the method, the data used is the data obtained during the internship program from January to March 2017 in Public Relations UGM. The author records information and conducts library research to gain an understanding of the concept of monitoring media. Monitoring conducted focus on the print media in examples newspapers and magazines. In its process there are 4 stages to do monitoring media. The first is to collect news with the keywords "UGM" and "Universitas Gadjah Mada" obtained from 14 newspapers and 1 magazine. The second is to do the recording. Third scan the news and save it as files in the computer. The last process is to upload news into UGM official account which is located at www.ugm.ac.id and can be consumed by public. News is grouped into positive and negative categories that all have to be written and uploaded. In this research, the author can conclude that in the period of January to March 2017 recorded news about UGM which is positive there are 827 news headlines with percentage of 97.9 percent, while for the negative there are 18 news headlines with a percentage of 2.1 percent .

Kata Kunci : Media monitor, Humas UGM, klipping berita, Media monitoring, Public Relations UGM, news clipping

  1. D3-2017-361966-abstract.pdf  
  2. D3-2017-361966-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-361966-title.pdf