Laporkan Masalah

EVALUASI PENYUSUNAN INDIKATOR KINERJA PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARMASIN

ADI PRASETYA, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., CMA., AK., CA.

2017 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan hubungan logika indikator kinerja Dinas Pendidikan Banjarmasin dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, untuk menjelaskanindikator kinerja sebagai ukuran keberhasilan dalam mencapai sasaran kinerja, dan menganalisis faktor yang memotivasi Dinas Pendidikan Banjarmasin dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan pengukuran kinerja terkait dengan teori isomorfismakelembagaan. Data yang digunakan adalah dokumen periode 2013-2015 dan hasilwawancara. Metoda analisis menggunakan model logika dengan pendekatan Ongoing Performance Measurement and Management (OPM&M). Hasil analisis menunjukkan adanya beberapa indikasi hubungan yang tidak logis antara indikator kinerja sasaran dengan indikator kinerja atau program. Indikator kinerja keluaran Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin masih belum mengukur dampak yang dirasakan oleh masyarakat.Motivasi dalam penyusunan indikator kinerja di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin menunjukkan adanya indikasi isomorfisma koersif.

The objective of this study is to show logic relation of Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin performance indicator in government agencies performance accountability system, to explain performance indicator as a measure of success in achieving performance objective, and to analyze the factor that motivate Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin implementation and preparation of performance measurement report in regards of institutional isomorphism theory. The data used is yearly documents started from 2013 to 2015 and interview result. The method used is logic model with Ongoing Performance Measurement and Management (OPM&M) approach. Analysis result shows some indication of illogical relations between performance indicator objective with performance indicator. Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin performance indicator output still not measure the impact that felt by society. Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin motivation in the preparation of performance indicator indicates coercive isomorphism.

Kata Kunci : pengukuran kinerja, indikator kinerja, model logika, Ongoing Performance Measurement and Management, teori isomorfisma kelembagaan.

  1. S1-2017-297090-abstract.pdf  
  2. S1-2017-297090-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-297090-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-297090-title.pdf