Laporkan Masalah

ANALISIS GEJALA ADIKSI PADA PEMAIN GAME SMARTPHONE ONLINE JEPANG

ARDIYANTO PRATOMO, Robi Wibowo, S.S., M.A.

2017 | Skripsi | S1 SASTRA JEPANG

Skripsi ini menjelaskan tentang fenomena gejala adiksi yang menjangkiti sebagian besar pemain game smartphone online yang dibuat oleh perusahaan-perushaan produsen game dari Jepang. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menjelaskan bagaimana alur seorang pemain dari berkenalan dengan suatu game hingga menjadi pecandu game smartphone online Jepang. Di samping itu peneliti juga menjelaskan faktor-faktor apa saja yang menjadikan para pemain menggandrungi game smartphone online Jepang. Dalam menganalisis gejala-gejala tersebut, peneliti menggunakan teori adiksi yang kebanyakan mengambil pendapat Thombs untuk menjelaskan apakah kecanduan terhadap game ini dapat dikatakan sebagai gejala adiksi menurut psikologi. Teori yang disampaikan oleh Thombs secara singkat menjelaskan bahwa perilaku adiksi yang kebanyakan pelakunya tidak dapat mengontrol perilaku tersebut secara umum disebabkan oleh stres ataupun pengaruh-pengaruh lain dari luar pelaku. Melalui teori tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemain yang bermain game secara repetitif baik dari segi waktu dan uang telah dapat dikategorikan sebagai gejala adiksi. Gejala tersebut disebabkan oleh adanya keinginan yang kuat dari seorang pemain untuk memuaskan hasratnya untuk berfantasi dan gejala ini diperkuat dengan pengaruh dari komunitas di sekitarnya.

This graduation paper will give an explanation about addiction symptomps on Japanese online smartphone game players. This paper also has a goal to explain how a person started a Japanese online smartphone game until he became addicted by it. Also, researcher explains about supporting factors that helps a players become addicted to an online smartphone game. These symptomps were analyzed with addiction theory which is mainly mentioned by Thombs in order to define whether these symptomps are really addiction symptomps or not. The theory which is mentioned by Thombs basically said that an addicted person is often drove by stress or any other stimulation from outside. In the end, researcher got a conclusion that a person who plays an online smartphone game repetitively and spent an amazing amount of time and money, is indeed has an addiction symptomp. This phenomena was caused by that person's strong will to unleash his thirst of fantasy and this phenomena become stronger as that person is overwhelmed by the influence of his surroundings.

Kata Kunci : pemain, adiksi, game smartphone online Jepang, player, addiction, Japanese online smartphone game

  1. S1-2017-296427-abstract.pdf  
  2. S1-2017-296427-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-296427-title.pdf