Laporkan Masalah

DAMPAK PERILAKU MANAJEMEN LABA TERHADAP PENILAIAN REPUTASI MANAJER DENGAN KONSEP DIRISEBAGAI VARIABEL PEMODERASI:STUDI EKSPERIMENTAL PERSPEKTIF INTERNAL LABOR MARKET

IDA NUR AENI, Supriyadi, M.Sc., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Sains Akuntansi

Penelitian ini didesain untuk melakukan investigasi mengenai konsekuensi manajer target yang memutuskan terlibat dalam manajemen laba. Penelitian ini melibatkan variabel kepribadian yang dapat memberikan wawasan lebih tajam dalam penilaian individu, yaitu konsep diri. Metode eksperimen laboratorium dengan desain 3x2 between-subject digunakan dalam penelitian iniuntuk menguji adanya potensi dampak reputasi negatif dalam setting internal labor market yang terjadi sebagai konsekuensi dari manajemen laba. Partisipan penelitian ini terdiri atas 109 mahasiswa MAKSI dan MM UGM yang berperan sebagai manajer. Partisipan diminta untuk merespon skenario mengenai manajer lain (manajer target) yang memiliki peluang terlibat dalam manajemen laba.Partisipan memberikan penilaian etis dan penilaian reputasi manajer target. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajer target yang terlibat dalam manajemen laba dinilai lebih tidak etis daripada manajer target yang tidak terlibat dalam manajemen laba. Sementara itu, hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan penilaian etis manajer target yang terlibat dalam manipulasi metode akuntansi dan manipulasi keputusan operasi. Penilaian etis atas perilaku manajemen laba juga berbeda bergantung dari konsep diri manajer target. Sebagai tambahan, penilaian etis berpengaruh positif dan signifikan dengan penilaian reputasi. Analisis berikutnya menunjukkan bahwa penilaian etis memediasi pengaruh perilaku manajemen laba yang dimoderasi oleh konsep diri terhadap penilaian reputasi manajer target. Penelitian ini mendiskusikan mengenai implikasi hasil penelitian untuk perancangan sistem pengendalian manajemen dan untuk penelitian selanjutnya.

This study is designed to invest about consequences of a target manager who decide whether to engage in earnings management. This study involved personality variable in which provide shapper insight into judgments of individuals, namely construal of self. An laboratory experimental with 3x2 between subject is used to examine the potential negative reputation effect in the internal labor market�s setting that occur as a consequences of earnings management. Participants consisted of 109 master of accounting and master of management students of UGM who assigned to the role as manager. Participants were asked to respond to a scenario about another manager (the target manager) who has the opportunity to engage earnings management. Participant assessed the ethical of the target manager and reputation judgment. The results of this study indicated that a target manager engaging in earnings management is assessed less ethical than a target manager not engaging in earnings management. Meanwhile, the results indicated that no difference in ethical judgments of a target manager engaging in accounting method manipulation and operating decision manipulation. Ethical judgment of earnings management can be differ across self construal of the target manager. In addition,ethical judgment was significantly and positive affected with reputationjudgment. Further analysis indicates that ethical judgment mediate the effect between earnings management and reputation judgment with construal of self as moderating. This study discuss implication of these results for management control systems design and for future research.

Kata Kunci : Kata Kunci: manajemen laba, konsep diri, penilaian etis, penilaian reputasi

  1. S2-2017-387352-abstract.pdf  
  2. S2-2017-387352-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-387352-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-387352-title.pdf