Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI TV INTERNET (STREAMING) PT. GRAMEDIA MEDIA NUSANTARA (KOMPASTV)

AHMAD ARDIANSYAH ZEI, Agus Setiawan. Dr., M.soc., SC.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

PT. Gramedia Media Nusantara atau biasa di sebut dengan KompasTV adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran dan terbilang baru. KompasTV mengudara di Indonesia pada 9 September 2011. Perusahaan ini merupakan salah satu dari unit bisnis Kompas Gramedia yang bidang usahanya adalah memberikan informasi berupa audio visual seteleh Kompas Gramedia sukses dalam hal pemberitaan digital seperti kompas.com. Perkembangan internet khususnya di indonesia melihatkan tren positif, dimana penguna layanan internet dari tahun ke tahun melihatkan peningkatan yang cukup tinggi. KompasTV melihat peluang yang cukup positif dalam hal penyajian berita berupa audio visual melalui media internet, hal ini juga di karenakan perkembangan harga layanan internet yang semakin murah dan ketebatasan orang dalam menikmati layanan televisi yang semakin berkurang. Atas analisis yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa keputusan KompasTV untuk masuk ke industri internet TV adalah hal yang cukup tepat dan baik. Dengan melihat hasil analisis didapat bahwa behaviour penonton saat ini tidak lagi hanya melihat video melalui layar TV melainkan dengan media lain seperti layar tablet dan layar smartphone. Nama besar Kompas di industri pemberitaan, menjadikan salah satu key success factor dari cepatnya internet TV Kompas di terima di masyarakat. Melalui analisis kuesioner di dapat bahwa, sebaran informasi melalui Televisi terestrial dan Internet TV masih terlihat hampir sama tetapi berbeda halnya jika kita mulai menkerucutkan berdasarkan kategori seperti berdasarkan kategori generasi x, generasi y dan generasi Z.

PT. Gramedia Media Nusantara or commonly called KompasTV is a company engaged in the broadcasting industry and relatively new. KompasTV on air in Indonesia on September 9, 2011. This company is one of the Kompas Grmaedia business unit whose scope to provide information in the form of audio-visual after Kompas Gramedia success in business digital news platform like kompas.com. The development of Internet in Indonesia is looking positive trend, in which the internet user services from year to year increased quite high. KompasTV see the opportunities that are quite positive in terms of news audio-visual business through the medium of internet, it is also because of the development of internet service prices are getting cheaper and limited time of people to enjoying television In the analysis, KompasTV decision to enter the Internet TV industry is right and good choice. By looking at the analysis results obtained that the behavior of the audience is no longer just see the video through the TV screen but with other media such as screen tablet and smartphone screens.big name of Kompas in news industry, is the one of the key success factor of KompasTV quickly received in internet TV industry. Through the analysis of questionnaire can be found that the spread of information through terrestrial tv and Internet TV still looks like same value but different case if we start collect by categories such as by category X generation, Y generation and Z generation.

Kata Kunci : competitive strategy, key success factors, SWOT, PEST

  1. S2-2017-343670-abstract.pdf  
  2. S2-2017-343670-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-343670-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-343670-title.pdf