Laporkan Masalah

Evaluasi Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Meningkatkan Laba Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta)

BERLAU JAKEN, R.A. Supriyono, Prof., Dr., S.U., Ak., CA

2017 | Tesis | S2 Akuntansi

Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki komitmen untuk melaksanakan corporate social responsibility (CSR). CSR dilakukan dengan membina UMKM yang ada di Yogyakarta yang terdiri atas tiga UMKM pada tahun pertama, dua UMKM pada tahun kedua, dan satu UMKM pada tahun ketiga. CSR dikenal sebagai Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis proses implementasi meliputi aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan; memotivasi yang melatarbelakangi Bank Indonesia sebagai bank sentral melakukan CSR; dan menganalisis keterkaitan biaya CSR dengan laba UMKM. Bank Indonesia sendiri mempunyai indikator internal dalam pencapaian implementasi CSR. Indikator tersebut ialah nilai jual, jumlah pekerja, volume penjualan, laba usaha, dan akses keuangan. Metode penelitian ini ialah studi kasus dengan dua sumber data, yaitu data primer dan sekunder. Penelitian ini menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses implementasi CSR Bank Indonesia sudah meliputi aspek sosial, ekonomi, lingkungan. Indikator internal Bank Indonesia sudah tercapai, tetapi belum optimal pada akses keuangan. Hal itu dikarenakan kurangnya sumber daya. Hasil penelitian ini juga terdapat hubungan positif antara biaya CSR dan laba UMKM setiap klaster yang menggunakan analisis regresi linear sederhana. Besarnya hubungan CSR Bank Indonesia dan Laba UMKM berbeda tiap klasternya, (i) klaster mocaf sebesar 13%, (ii) klaster kakao sebesar 18%, dan (iii) klaster padi sebesar 20%.

As the central bank, Bank Indonesia is committed to perform a CSR, The CSR is conducted by supporting micro, small and medium-scale enterprises (SMEs) in Yogyakarta. There were three SMEs involved in the first year, two SMEs in the second year and one SMEs in the third year. The CSR is referred to as Program Sosial Bank Indonesia or PSBI (Bank Indonesia’s Social Programs). This research aims to analyze the implementation process which includes social, economic, and environmental aspects; and the motivation that encouraged Bank Indonesia, as the central bank, to perform CSR; also to analyze the correlation between the CSR cost and the SMEs’s profit. Bank Indonesia itself has internal indicators to achieve CSR implementation. The indicators include sales value, number of labor, sales volume, business profit, and financial access.

Kata Kunci : Implementasi CSR, UMKM, laba, Pemberdayaan Masyarakat

  1. S2-2017-386987-abstract.pdf  
  2. S2-2017-386987-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-386987-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-386987-title.pdf