Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS ONLINE MENGGUNAKAN PLATFORM INSTAGRAM

Marheni Dwi Sandra, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Online shop saat ini telah menjadi tren di Indonesia. Semula belanja online hanya dapat dilakukan melalui website yang didirikan oleh sebuah perusahan e-commerce saja, namun sekarang berbelanja online juga dapat dilakukan menggunakan platform media sosial, salah satunya adalah Instagram. Media sosial kini telah menjadi tren baru dalam dunia bisnis dan komunikasi pemasaran. Pada awal kemunculannya, media sosial hanya dikenal sebagai sarana untuk bersosialisasi, yang mana setiap orang mampu menyebarluaskan pengetahuan dan berbagai informasi kepada pengguna internet lainnya secara cepat dan dalam skala yang besar. Namun saat ini media sosial tidak lagi hanya digunakan sebagai media untuk berkomunikasi maupun sebagai alat untuk menyebarkan informasi saja melainkan juga digunakan sebagai salah satu media untuk melakukan perdagangan atau jual beli. Penelitian ini mengidentifikasi adanya faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada bisnis online menggunakan Instagram. Faktor tersebut yaitu kualitas informasi, kemudahan penggunaan, dan karakteristik produk. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan lima poin skala Likert. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah data sebanyak 200 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas informasi di Instagram baik, sehingga konsumen memutuskan untuk berbelanja online di Instagram, (2) berbelanja online di Instagram mudah, sehingga konsumen memutuskan untuk berbelanja di Instagram, (3) produk yang ditawarkan di Instagram memiliki kualitas yang baik dan beragam sehingga konsumen memutuskan untuk berbelanja di Instagram.

Nowadays online shop becomes a new trend in Indonesia. Initially, online shopping can only be done through a website established by an e-commerce company, but now online shopping can also be done by using social media platforms, such as Instagram. Social media has now become a new trend in the world of business and marketing communications. At the initial appearance, social media was only known as a tool to socialize, where each person was able to spread the knowledge and information to internet users more quickly and in a large scale. But now social media is not only used as a media for communication and as a tool to spread information, but also used as a media for trading or selling. This research identifies the factors that influence purchase decision on online shop using the Instagram. Those factors are information quality, ease of use, and product characteristics. The method of this research is a quantitative method and the research instrument is a questionnaire using a five-point Likert scale. Sampling was done by purposive sampling technique with the total of 200 respondents. The data analysis methods used in this study are multiple linear regressions, the classical assumptions test, and hypothesis testing. The results showed that (1) the quality of information in Instagram is good, so that the consumers decide to shop online on Instagram, (2) to shop online on Instagram is easy, so that consumers decide to shop on Instagram, (3) product offered in Instagram has a good quality and has variety so that consumers decide to shop on Instagram.

Kata Kunci : Online Shop, Media Sosial, Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan, Karakteristik Produk, Keputusan Pembelian

  1. S2-2016-376047-abstract.pdf  
  2. S2-2016-376047-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-376047-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-376047-title.pdf