Laporkan Masalah

PERKEMBANGAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MAHASISWA SEBAGAI DAMPAK DARI METODA PEMBELAJARAN PROBLEM- BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

BUDDY HERARAS WASPURAJI UTOYO, DR., MARS, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA.; Prof. Dr. Dra. Amitya Kumara, MS.; dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med. Ed., PhD.

2016 | Disertasi | S3 Ilmu Kedokteran

Latar belakang penelitan ini, bahwa dalam Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia No.11 tahun 2012 telah menetapkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia merupakan tujuan dan sasaran akhir Pendidikan Kedokteran Indonesia. Problem based-learning merupakan metoda yang mengembangkan pengetahuan metakognitif dan keterampilan metakognitif. Pengetahuan metakognitif dan keterampilan metakognitif merupakan cara dan perilaku berpikir yang merupakan dasar dari pencapaian kompetensi mawas diri dan pengembangan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terbentuknya pengetahuan dan keterampilan metakognitif mahasiswa sebagai dampak dari metoda pembelajaran problem-based learning. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode quasi experimental, dengan responden semua mahasiswa (458 orang)yang terpapar metode problem-based learning dengan durasi yang berbeda yaitu mahasiswa tingkat 1 selama 1 semester (149 orang), tingkat 2 selama 3 semester (95 orang), tingkat 3 selama 5 semester (133 orang)dan tingkat 4 selama 7 semester (81 orang). Pengambilan data dengan cara cross sectional. Analisa data menggunakan one way anova. Hasil penelitian membuktikan bahwa metoda PBL membentuk pengetahuan metakognitif meliputi declarative knowledge, prosedural knowledge dan conditional knowledge dan lamanya paparan metode PBL menunjukan peningkatan pengetahuan metakognitif setiap tingkat (p value 0,004)Hasil penelitian tentang keterampilan metakognitif melalui perbedaan subkategori (planning, monitoring dan evaluating) tidak menunjukan perbedaan yang signifikan pada setiap tingkat (p value 0,626) Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa Problem-based Learning memberikan dampak perkembangan pengetahuan metakognitif namun tidak signifikan pada keterampilan metakognitif

Background: Perkonsil No 11 year 2012 stated that Indonesia Doctor Competency Standard (SKDI) was the purpose and goal of Indonesia medical education. Problem base learning was the mrthode in use to develop metacognitive knowledge and skill. Metacognitive knowledge and skill were the procedure and behavior of thinking which constitute the basic of introspective competence andself development achievement. Objective: To discover students metacognitive knowledge and skill formation as the impact of problem based learning method. Method: Quasi experimental method was used in this research, 458 students were exposed to problem based learning method with different duration : first grader (149 students) during one semester, second grader (95 students) during there semester, third grader (133 students) during five semester, fourth grader (81 students) during seven semester. The data was retrieved by cross sectional method. Data analysis used one way anova method. Result: This research verified that problem based learning method configurated metacognitve knowledge comprised of declaration knowledge, procedural knowledge, conditional knowledge. Duration of problem based learning method exposure indicated the escalation of metacognitive knowledge at every grade (p value 0.004). The result on metacognitive skill through subcategories difference (planning, monitoring, and evaluating) did not exhibit significant differences at every batch (p value 0.626) Conclusion: Problem based learning provided impact of metacognitive knowledge development but not to metacognitive skill

Kata Kunci : metacognitive knowledge, metacognitive skill, problem-based learning

  1. S3-2016-295416-abstract.pdf  
  2. S3-2016-295416-bibliography.pdf  
  3. S3-2016-295416-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2016-295416-title.pdf