Laporkan Masalah

Pengukuran Kualitas Layanan E-Ticketing pada Website PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT. Indo Corpora Investama (Padiciti) dengan Metode Webqual 4.0

RAHMANDIANSYAH TRI RIWANTO, Rika Fatimah P.L, S.T., M.Sc., Ph.D.

2016 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Kualitas website sangat penting sebagai tolak ukur aspek tingkat kinerja dan kepentingan berdasarkan pada penilaian pengguna jasa kereta api. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kualitas website berupa perolehan hasil nilai Webqual Index (WQI) pada pemesanan tiket kereta api online dan menentukan prioritas tindakan untuk meningkatkan kualitas pada website PT.KAI dan Padiciti. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis studi deskriptif. Data yang diambil dengan cara purposive sampling dengan jenis judgement sampling. Dimensi penelitian ini adalah Usability (Usa), Information Quality (Inf), Buyer-Seller Interaction (Bsi) dan Overall (Ove). Data diambil menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada responden yang telah memiliki pengalaman dalam memesan tiket kereta api online pada website PT.KAI dan Padiciti. Jumlah responden sebanyak 115 orang. Berdasarkan temuan penelitian menggunakan metode Webqual 4.0, didapatkan perolehan secara keseluruhan nilai dan interpretasi hasil WQI website PT.KAI 0,800 (Baik) dan Padiciti 0,750 (Baik). Prioritas tindakan untuk meningkatkan kualitas (Quality Improvement Actions) website PT.KAI terdapat pada dimensi Usability (Usa4 = 0,583) dan Buyer-Seller Interaction (Bsi6 = 0,623). Sedangkan website Padiciti pada dimensi Usability (Usa4 = 0,590) dan Buyer-Seller Interaction (Bsi5 = 0,637). Semua prioritias tindakan peningkatan kualitas kedua website adalah Ditingkatkan dengan prioritas yang memadai dengan tingkat kualitas Adequate.

The website quality is essential as benchmark aspect of the performance and importance based on the assessment of customer. This study aims to measure the website quality level as the results of Webqual Index (WQI) value in reservation of train e-ticketing and determines the priorities of the Quality Improvement Actions at PT.KAI and Padiciti website. This study is using quantitative descriptive approach. Purposive sampling method, especially judgement sampling is used in data collecting. Dimension of this study is Usability (Usa), Information Quality (Inf), Buyer-Seller Interaction (Bsi), and Overall (Ove). Online questionnaire are distributed to respondents who have experience in using train e-ticketing order at PT.KAI and Padiciti website. The number of respondents are 115 people. Based on the study which using Webqual 4.0 method are obtained the WQI total value and result interpretation of PT.KAI and Padiciti website is 0.800 (Good) for PT.KAI and 0.750 (Good) for Padiciti. Quality Improvement Actions was implemented in PT.KAI website on Usability (Usa4 = 0.583) and Buyer-Seller Interaction dimension (Bsi6 = 0.623). Whereas Quality Improvement Actions in Padiciti was implemented on Usability (Usa4 = 0.590) and Buyer Seller Interaction dimension (Bsi5 = 0.637). All the Quality Improvement Actions of PT.KAI and Padiciti website is Improvement with Adequate Priority in Adequate quality level.

Kata Kunci : E-Ticketing, Website, Webqual 4.0, Webqual Index (WQI), PT.KAI, Padiciti, Quality Improvement Actions

  1. S1-2016-281022-abstract.pdf  
  2. S1-2016-281022-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-281022-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-281022-title.pdf