Laporkan Masalah

Hubungan antara Self-Regulated Learning (SRL) dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP

PRIMA SORAYA ANAS, Prof. Dr. Asmadi Alsa, S.U.

2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan prestasi belajar matematika. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika yang diukur dengan nilai UTS matematika. Variabel independen dalam penelitian ini adalah self-regulated learning diukur menggunakan skala self-regulated learning mengacu pada teori Zimmerman (1989). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara self-regulated learning dengan prestasi belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 129 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Metode analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-regulated learning dengan prestasi belajar matematika, dengan r = 0,351 dan p < 0,01, sehingga hipotesis dapat diterima.

This research aims to determine the relationship between self-regulated learning and mathematics achievement in junior high school students. The dependent variable in this research is mathematics achievement which is measured using the mid-term examination. The independent variable is self-regulated learning measured using a scale of self-regulated learning developed based on Zimmerman's theory (1989). Hypothesis was there is positive relationship between self-regulated learning and mathematics achievement. Subjects were 129 grade VIII students of SMP Negeri 1 Kasihan Bantul in the year of 2016/2017. Data was analysed using Pearson's product-moment correlation technique. Results showed that there is a significant positive relationship between self-regulated learning and mathematics achievement, r = 0.351 and p < 0.01. As a conclusion, the hypothesis was accepted.

Kata Kunci : mathematics achievement, self-regulated learning.

  1. S1-2017-329396-abstract.pdf  
  2. S1-2017-329396-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-329396-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-329396-title.pdf