Laporkan Masalah

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA SMA SWASTA DI YOGYAKARTA

AULIA FADLISHOIMI, Dr. Dra. Sumarni, M.Si; Dr. dr. Carla Raymondalexas Machira, Sp.KJ. (K)

2016 | Skripsi | S1 PENDIDIKAN DOKTER

INTISARI LATAR BELAKANG : Prevalensi perilaku bullying pada remaja SMA di beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan. Karakteristik individu dengan harga diri yang rendah mengakibatkan terjadinya perilaku bullying tinggi pada remaja. Pada penelitian ini, peneliti akan menguji hubungan perilaku bullying dan harga diri dengan membagikan kuesioner yang sudah disetujui oleh pembimbing sebagai alat ukur pada subjek. TUJUAN : Untuk mengetahui dan menguji hubungan antara harga diri dan perilaku bullying pada remaja SMA swasta di Yogyakarta. METODE : Desain penelitian ini adalah penelitian potong-lintang (cross-sectional) yang kemudian dilakukan analisis data secara deskriptif dengan menggunakan 2 skala, yaitu skala untuk perilaku bullying dan untuk harga diri. HASIL : Dari hasil uji perhitungan yang telah dilakukan terhadap 172 subjek penelitian menunjukkan adanya hubungan dengan kategori lemah. Nilai yang diperoleh dari uji komparasi yaitu 0,044 dengan nilai korelasi -0,054 dan arah hubungannya adalah negatif. Kesimpulan : Tingkat perilaku Bullying menunjukkan adanya hubungan dengan harga diri berkategori lemah dan arah negatif, artinya semakin rendah harga diri remaja, semakin tinggi perilaku Bullying yang dilakukan.

ABSTRACT BACKGROUND : The prevalence of bullying behaviour to the high school tennagers on a few cities in Indonesia has increase. Individual characteristic with low self-esteem make the bullying behaviour is higher to the high school tennagers. On this research, researcher will test the relation between the bullying behaviour and self-esteem with sharing the questionnare that has been approved by thesis adviser as a measuring instrument to the subject. OBJECTIVE : To know and test the relation between self-esteem dan bullying behaviour to the high school tennagers in Yogyakarta. METHODS : This design study is a cross sectional research then later analyzed to a descriptive with 2 measuring instrument, the first instrument is for bullying behaviour and the second instrument is for the self-esteem. RESULTS : From the results of the calculations have been done on 172 subjects showed that there was a weak correlation with the category. Values obtained from that comparison test is 0,044 with -0,154 correlation value and direction of the relationship is negative. CONCLUSION : Bullying behavior levels showed an association with self-esteem categorized as weak and negative direction, meaning that the lower the adolescent self-esteem, the higher the Bullying behavior is done

Kata Kunci : perilaku Bullying, remaja SMA, harga diri

  1. S1-2016-299712-abstract.pdf  
  2. S1-2016-299712-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-299712-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-299712-title.pdf