HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN OTENTIK DENGAN KETERPIKATAN ORGANISASI PADA MAHASISWA
PUTRI KARTIKA P, Avin Fadilla Helmi, Dr., M.Si.
2016 | Skripsi | S1 PSIKOLOGITujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan otentik dan keterpikatan organisasi pada mahasiswa. Variabel dependen pada penelitian ini adalah keterpikatan organisasi yang diukur menggunakan Skala Keterpikatan Organisasi. Variabel independen pada penelitian ini adalah kepemimpinan otentik yang diukur menggunakan Skala Kepemimpinan Otentik Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kepemimpinan otentik dan keterpikatan organisasi pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi UGM angkatan 2014 yang mengikuti organisasi sebanyak 110 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan metode korelasi product moment dengan taraf signifikansi 1%. Hasil analisis data diperoleh hubungan antara kepemimpinan otentik dan keterpikatan organisasi menunjukkan nilai r sebesar 0,52 (p<0,01) dan R2=27,1. Kesimpulan penelitian ini yaitu adanya hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan otentik dan keterpikatan organisasi pada mahasiswa.
This research examined the relationship between authentic leadership and organization engagement in college students. The dependent variable of this research was organization engagement, which was measured by Organization Engagement Scale. The independent variable in this research was authentic leadership, which was measured by Authentic Leadership Scale. This research hypothesizes was there is a positive relationship between authentic leadership and organization engagement in college students. Participants of this research were students faculty of psychology in Gadjah Mada University The number of students who joined as participants in this research were 110 people. The data analyzed with Pearson’s product moment correlation with 1% tolerance. Based on research analysis, researcher obtained a result about relationship between authentic leadership and organization engagement had r value of 0.52(p<0.01) and R2 = 27.1, so that the research hypothesis is accepted. The conclusion of this study is that there is a positive and significant relationship between authentic leadership and organization engagement.
Kata Kunci : authentic leadership, organization engagement