Laporkan Masalah

PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI TENTANG PERAWATAN DI RUMAH TERHADAP EFIKASI DIRI ORANGTUA DALAM MERAWAT ANAK DENGAN LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT (LLA) DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA

DIAN NUR WULANNINGRU, DR. Indria Laksmi Gamayanti, MSi., Psi; DR. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes

2016 | Tesis | S2 Keperawatan

Latar belakang: leukemia Limfoblastik Akut (LLA) merupakan salah satu kanker darah yang terjadi pada anak-anak. Penyakit yang menyerah pada sel darah putih ini menjadi permasalahan orangtua, khususnya yang memiliki anak dengan Leukemia Limfoblastik Akut (LLA). Orangtua akan dihadapkan pada permasalahan sosial, fisik, psikologi, dan emosional. Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan pada anak yang menderita Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) yang menjadi pilihan orang tua. Kemoterapi pada pasien LLA membutuhkan waktu yang lama, berulang, menimbulkan efek samping dan ketidaknyamanan pada anak. Pemantauan respon anak terhadap efek samping kemoterapi perlu diperhatikan dan dipahami oleh orang tua dan anak selama di rumah. Edukasi adalah sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan keyakinan (efikasi diri) orang tua merawat anak LLA. Orang tua yang mendapatkan edukasi akan mampu meningkatkan keyakinan diri akan kemampuan yang dimiliki. Tujuan: mendeskripsikan pengaruh pemberian edukasi perawatan di rumah terhadap efikasi diri orang tua dalam merawat anak dengan Leukemia Limfoblastik Akut (LLA). Metode: penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis quasy experiment pretest-posttest design without control dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 27 responden dari bapak atau ibu anak LLA di RSUD Dr.Moewardi Surakarta pada tahun 2014. Efikasi diri orang tua dinilai dengan menggunakan kuesioner pada sebelum dan 18 hari setelah diberikan edukasi. Edukasi oleh perawat selama 60 menit dengan media booklet. Analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test dan Spearman rank correlation pada masing-masing variabel. Hasil: ada perbedaan rata-rata tingkat efikasi diri orang tua sebelum dan setelah diberikan edukasi (p=0,004, p<0,05). Peningkatan efikasi diri orang tua tidak ada hubungan dengan usia, pendidikan, pendapatan, dan pengalaman orang tua sebelumnya (p>0,05). Kesimpulan: terdapat pengaruh pemberian edukasi terhadap efikasi diri orang tua dalam merawat anak dengan LLA

Background: Acute lymphoblastic leukemia (ALL) is a blood cancer that occurs in children. Diseases that succumbed to the white blood cells into the problems of parents, especially those with children with Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL). Parents will be confronted with problem social, physical, psychological, and emotional. Chemotherapy is a treatment in children with Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) is the choice of the parents. Chemotherapy in patients with LLA takes a long time, recurrent, cause side effects and discomfort in children. Monitoring a child's response to chemotherapy side effects need to be considered and understood by parents and children are at home. Education is a means to improve the knowledge and confidence (self-efficacy) of parents caring for children LLA. Parents who are educated to be able to increase confidence in the ability possessed. Objective: to describe the effect of home care education on self-efficacy of parents in the care of children with Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL). Methods: Quantitative research was using this type quasi-experimental pretest-posttest design without control by one group pretest-posttest design. These samples included 27 respondents from the father or mother of the child LLA in Hospital Dr.Moewardi Surakarta in 2014. Self-efficacy parents assessed was using questionnaires before and 18 days after being given education. Education by a nurse for 60 minutes with media booklet. Data were analyzed using paired samples t-test and Spearman Rank correlation. Results: No differences of self-efficacy before and after the parents be educated. Difference parental self-efficacy before and after education (p = 0.004, p <0.05). Increased parental self-efficacy no association with age, education, income, and previous experience of parents (p> 0.05). Conclusion: education giving effect on parent self-efficacy care of children with LLA

Kata Kunci : parental self-efficacy, Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL), education