IDENTIFIKASI WISATA MULTIDESTINASI DI DESA NAMANG BANGKA MELALUI PENDEKATAN RUTE DAN MOTIVASI WISATAWAN
SUKMA ANGGIA. K, M.Sani Roychansyah, ST., M.Eng ., D.Eng; Ir. M. Santosa, MS
2016 | Tesis | S2 Teknik ArsitekturPariwisata bahari menjadi andalan dalam sektor kepariwisataan di Bangka Belitung karena merupakan daerah kepulauan. Tetapi potensi tidak hanya laut saja karena Bangka memiliki potensi wisata lain sebagai alternatif wisata yaitu geowisata, wisata agro, dan wisata budaya. Desa Namang di Bangka Tengah mencoba mengembangkan beberapa destinasi dengan pilihan jenis wisata yang berbeda yaitu wisata agro, wisata alam dan geowisata. Adanya alternatif destinasi wisata yang beragam dapat menghilangkan kejenuhan akan objek wisata dengan tipe yang sama. Sehingga Desa Namang dapat menjadi multidestinasi wisata yang atraktif. Tetapi tujuan Pemerintah Daerah untuk menjadikan kawasan ini sebagai multidestinasi wisata belum terealisasi karena belum terjadi pemerataan kunjungan kesemua destinasi. Sehingga perlu diidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penarik apa saja yang berpengaruh terhadap multidestinasi melalui pendekatan rute wisata dan motivasi wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana motivasi wisatawan terhadap multi destinasi di yang ada di Kawasan Wisata Desa Namang, mengidentifikasi rute mana yang ditempuh untuk mengunjungi multidestinasi tersebut dan mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi munculnya motivasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode gabungan (mixed methods) yaitu kombinasi antara metode kualitatif deduktif dan kuantitatif deduktif. Metode kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi motivasi wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata ke kawasan wisata Desa Namang. Sedangkan metode kualitatif untuk mendapatkan gambaran deskriptif mengenai multidestinasi desa Namang. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa multidestinasi wisata Desa Namang penting untuk dikembangkan. Rute wisata dan motivasi wisatawan mempengaruhi perkembangan multidestinasi Desa Namang. Beberapa faktor-faktor penarik dan pendorong yang teridentifikasi menjadi tolak ukur untuk menjadikan kepariwisataan di Desa Namang dapat berkembang menjadi multidestinasi wisata yang menarik.
Marine is one mainstay of tourism sector at Bangka Belitung for its archipelagic region. However the potential of of Namang Bangka Village at Bangka Tengah is not merely on the marine but it also has several alternatives such as: geo-tourism, agrotourism, and culture tourism. Namang Village in Bangka Tengah tries to develop several destinations with various types of tourism selection like agro-tourism, natural tourism, and geo-tourism. The alternatives of destination might decrease the full up of tourism objects with the same type. Consequently, Namang Village in Bangka Belitung can be one attractive tourism destination. However, this goal of the local government to make this area as a multi-destination tourism destination has not yet realized since there has not been yet a whole visit to all destinations. Thus, several supporting and attracting factors affecting the multi-destination through an approach of tourism route and visitor motivation are required to identify. This study is aimed at identifying how far the motivation of visitor for visiting the multi-destination located at Namang Village tourism area, identifying which routes taken to go to those multi-destination as well as identifying the factors affecting the motivation trigger. The research method used was mixed method namely a combination between deductive qualitative and deductive quantitative. Quantitative method was used to identify the motivation of visitors for visiting Namang Village Tourism area. Whereas, the qualitative method is used to get a descriptive elucidation on Namang village. Finding of this study revealed that multi-dimension tourism of Namang Village is necessary to further develop. Tourism route and visitor motivation for visiting Namang Village influence the development of Namang multi-destination village. Several identified attracting and supporting factors become a benchmark of attracting multidestination tourism.
Kata Kunci : Kata Kunci : Multidestinasi Wisata, Rute Wisata, Motivasi Wisatawan , Desa Namang