Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PEMBAYARAN UANG ELEKTRONIK UNTUK LAYANAN E-TICKETING BUS RAPID TRANSIT (BRT): STUDI DI PT. AINO INDONESIA

HASTONO BAYU TRISNANTO, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M, Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Pembenahan transportasi publik menjadi salah satu program strategis pemerintah Indonesia untuk mendorong perekonomian, sekaligus mencegah meluasnya kondisi kemacetan di berbagai kota besar. Program BRT (Bus Rapid Transit) menjadi salah satu solusi yang dicanangkan pemerintah untuk diimplementasikan hingga 34 kota di Indonesia pada tahun 2019. Sistem tiket elektronik merupakan salah satu komponen penting dalam layanan BRT untuk menjadi transparansi akuntabilitas layanan sekaligus menjadi bagian dari program pelayanan kepada pengguna. Dalam bidang sistem pembayaran pemerintah melalui Bank Indonesia mendorong terwujudnya Less Cash Society, dengan Gerakan Nasional Non-Tunai. Pembayaran dilakukan dengan uang elektronik yang memberikan fleksibilitas dan kemudahan sekaligus mendorong inklusi finansial bagi masyarakat Indonesia. Transportasi merupakan program kunci untuk penerapan uang elektronik, seperti di Transjakarta, KRL, Toll dan parkir. PT Aino Indonesia merupakan salah satu pemain di bidang tiket elektronik untuk layanan BRT sekaligus menerapkan uang elektronik multi penerbit pada layanan tersebut. Kondisi bisnis yang dinamis dan perubahan lingkungan perlu diantisipasi oleh perusahaan agar dapat terus bersaing dan meningkatkan pangsa pasar perusahaan secara lebih signifikan dan memberikan pendapatan yang lebih stabil dan kontinyu. Saat ini penguasaan pangsa pasar perusahaan di sistem BRT secara nasional adalah sebesar 27%, dengan pangsa pasar di industri uang elektronik sebesar 19%. Melalui pendekatan Kanvas Model Bisnis, Peta Lingkungan Bisnis dan Kanvas Proposisi Nilai, penelitian ini mencoba memberikan gambaran inovasi apa yang harus dilakukan oleh perusahaan menghadapi dinamika lingkungan bisnis. Penelitian juga memberikan gambaran langkah-langkah yang perlu diambil agar perusahaan mampu mencapai skala yang lebih besar dalam penguasaan pangsa pasar. Pendekatan proposisi nilai menjadi strategi untuk mendapatkan kesesuain antara Produk / Jasa dengan kebutuhan segmen pelanggan.

Public transport improvement has become one of the strategic program of Indonesian government to stimulate economic growth as well as to stop traffic jam spreading wider in major cities. BRT (Bus Rapid Transit) Program is one of the solution implemented by the government which targeting up to 34 cities in Indonesia by 2019. E-ticketing system is one the most important component in BRT services to support transparency, accountability as part of services to the users. In payment system, the Bank of Indonesia push the Less Cash Society program with Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) initiative. Payment with electronic money can give flexibility, security, and easiness and also to push financial inclusion to Indonesia people. Transportation is a vital program to use the electronic money, such as Transjakarta, Commuter Line, Toll, and parking. PT Aino Indonesia is one of the major player in electronic ticketing for BRT and also e-money transaction supporting multi issuers in one terminal. Business environment is very dynamic and environment changes need to be addressed by the corporation to be able to compete and improve market share significantly and providing stabile and continuous revenue for the corporation. Currently PT Aino hold 27% market share of BRT e-ticketing system and 19% of e-money transaction Indonesia nation wide. Business Model Canvas used as an approach combined with Environment Map and Value Proposition Canvas in this research which try to give a description what innovation need to be done by the corporation in facing dynamic business environment. This research also describe steps need to be taken to achieve greater scale in market share. Value Preposition approach become the strategy to reach fitness between product/ services delivered by the company to the need of the customer segment.

Kata Kunci : Business Model Innovation, Value Preposition Canvas, BRT, E-ticketing, Electronic Money, Environment Map