Analisis formulasi, penyusunan program, dan implementasi strategi sebagai bentuk respon strategis perusahaan terhadap perubahan lingkungan bisnis :: Studi kasus pada PT. Intracawood Manufacturing
HERMANA, Deddy, Dr. Harsono, MSc
2002 | Tesis | Magister ManajemenIndustri plywood merupakan salah satu industri penyumbang devisa terbesar bagi negara dari sektor industri perkayuan. Namun pada saat ini produksi dan volume ekspor pZywood Indonesia cenderung mengalami penurunan. Kondisi ini sangat mempengaruhi kinerja produsen plywood Indonesia, termasuk PT Intracawood Manufacturing (IWM). Sebelum tahun 2000, volume dan nilai ekspor pi'ywuod dari PT IWM menunjukkan kecenderungan yang relatif stabil dari tahun ke tahun. Namun di tahun 2000, volume dan nilai ekspor menurun drastis. Terjadinya perubahan lingkungan bisnis membawa konsekuensi bahwa strategi yang telah dirancang oleh perusahaan mungkin tidak sesuai dengan kondisi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan suatu strategi bagi PT IWM, menyusun program yang mendukung pelaksanaan strategi, dan pada akhirnya mengimplementasikan strategi tersebut. Cara yang digunakan dalam penelitian ini lebih mengarah pada pendekatan deskriptif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mengenali visi, misi, dan tujuan perusahaan, mengenali peluang dan ancaman eksternal perusahaan (analisis lingkungan eksternal), menetapkan kekuatan dan kelemahan internal perusahaan (analisis lingkungan internal), menghasilkan strategi alternatif, dan memilih strategi tertentu untuk diformulasikan. Dari hasil analisis lingkungan eksternal dan internal, terlihat bahwa PT IWM menghadapi berbagai issue strategik seperti kondisi perekonomian global yang belum juga membaik sehingga daya beli buyer masih tetap rendah, adanya perubahan-perubahan kebijakan dan peraturan pemerintah yang terkait dengan ketersediaan bahan baku, meningkatnya berbagai isu sosial seperti tuntutan masyarakat sekitar hutan atas hak-hak mereka, perkembangan teknologi yang berpengaruh dalam menekan biaya produksi, dan meningkatnya kesadaran konsumen akan lingkungan hidup yang dapat menciptakan hambatan masuk bagi produsen plywood. Berbagai issue strategik ini dapat menjadi tantangan sekaligus peluang bagi PT IWM. Berdasarkan hasil analisis alternatif strategi dengan menggunakan analisis matriks SWOT, analisis matriks grand strategy, dan analisis matriks seleksi strategi dasar terlihat bahwa PT IWM memiliki skor peluang dan kekuatan yang lebih besar dari skor ancaman dan kelemahan. Oleh sebab itu strategi yang tepat untuk diformulasikan oleh PT IWM adalah strategi agresif dengan cara mengeksploitasi kekuatan internal yang dimiliki untuk memanfmtkan setiap peluang ekstemal yang ada. Melalui strategi ini diharapkan perusahaan dapat melakukan empat ha1 yaitu meningkatkan perolehan keuntungan, memantapkan keberadaan perusahaan, meningkatkan ketangguhan perusahaan dalam menghadapi persaingan, serta mewujudkan pertumbuhan perusahaan secara lebih baik di masa yang akan datang dalam kondisi pertumbuhan pasar yang lambat.
Plywood industry is one of the biggest contributors of national income from timber sector. Recently, its production and export volume tend to decline because of the rapid changes in the plywood business. These conditions affect all of plywood producer, including PT. Intracawood Manufacturing (IWM). Before 2000, volume and export value of the company’s plywood tends to be stable over time. Drastic declines were started by the year of 2000. The changes within plywood business have some impacts on the company’s strategy. This research’s objectives are to form a strategy for PT IWM, program that support strategy’s implementation, and implementing the strategy. The way this research done was led to descriptive approach by analyzing factors affecting strategy formulation. The actions steps were recognizing vision, mission, and company’s objectives, external opportunity and threat (external environment analyses), internal strength and weakness (internal environment analyses), alternative strategy, and formulating particular strategy. From internal and external environment analyses, it was clear that PT IWM faced some strategic issues like worse global economic that weaken purchasing power of the buyers, policy changes and government regulation due to raw material, increasing social issue like community’s pursue about their forest and rights, advanced technological changes affecting cost of production, and increasing consumer’s conscious to their environment that can create entry barrier to plywood producer. The strategic issues could have been an opportunity or threat to PT IWM. Based on analysis result of SWOT matrices, grand strategy matrices, and strategy selection matrices, it was clearly seen that PT IWM had stronger score on strength and opportunity than threat and weakness. Therefore, the best strategy the company should made is aggressive strategy by exploiting internal strength to use any possible external opportunity. The company is expected to do four things, which are increasing profitability, its steady establishments, strengthen its competitive advantage, better future company’s growth within slower market growth.
Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Perubahan Lingkungan Bisnis, Strategy, strategy formulation, strategy implementation, external analysis, and internal analysis