Laporkan Masalah

Evaluasi pemeliharaan fasilitas pelabuhan dalam menunjang kualitas pelayanan di unit usaha terminal peti kemas Belawan

PASARIBU, Dominggo, Prof.Ir. Boma Wikan Tyoso, MSc.,PhD

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Operasi pelayanan jasa di UTPK Belawan yang mengandalkan fasilitas dan peralatan kepelabuhanan membutuhkan keandalan (reliability) dan kesiapan (availibility) fasilitas dan peralatan pelabuhan. Pemeliharaan untuk menjaga keandalan dan kesiapan fasilitas dan sistem secara keseluruhan dimaksudkan agar sesuai dengan standar kualitas dan kinerja yang diharapkan. Kondisi saat ini program pemeliharaan (Rencana Kerja Tahunan) Unit Usaha Terminal Peti Kemas disusun berdasarkan kebutuhan perbaikan atas kerusakan yang terjadi yang diusulkan oleh cabang berdasarkan pemeriksaan awal, sedangkan perawatan rutin untuk pencegahan belum mendapat perhatian yang serius, terutama pada fasilitas pelabuhan. Program pemeliharaan fasilitas pelabuhan belum terencana sesuai dengan kebutuhan operasional dan tingkat (kualitas) layanan yang ditargetkan. Pemeliharaan merupakan bagian dari value chain dalam proses operasi Unit UTPK Belawan sehingga perlu dikendalikan. Salah sate aktivitas dalam pengendalian adalah evaluasi implementasi program. Evaluasi terhadap program pemeliharaan fasilitas pelabuhan akan mengungkapkan permasalahan dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab ketidakefektifan program pemeliharaan pada PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I Unit Usaha Terminal Peti Kemas. Evaluasi pemeliharaan dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif terhadap indikator/rasio realisasi kinerja pemeliharaan dan korelasi, process flowchart dalam menjelaskan proses kerja dan sistem prosedur pemeliharaan, diagram sebab akibat yang bertujuan untuk mengidentifikasi akar permasalahan . Data dikumpulkan dari berbagai buku laporan manajemen, pembicaraan dengan staf dan asisten menejer serta kunjungan langsung ke lapangan. Dari hasil evaluasi secara kualitatif terhadap data yamg ada dapat disimpulkan bahwa program pemeliharaan di Unit UTPK Belawan belum terlaksana secara efektif untuk menunjang kualitas pelayanan. Beberapa faktor penyebabnya adalah kebijakan perusahaan, sistem prosedur pemeliharaan, sumber Jaya manusia, kelemahan di penganggaran dan keterbatasan anggaran. Berdasarkan evaluasi faktor penyebab ini di diperlukan perbaikan dan penanggulangan terhadap faktor penyebab tersebut untuk meningkatkan keefektifan dan kualitas pelayanan.

Operation of service in Business Unit of Container Terminal of Belawan (UUTPK Belawan) which depends on port's .facilities and equipments need some reliabilities and availabilities of port's facilities and equipments. Maintenance to keep the liabilities and the availabilities as well as entire systems is intended that they agree with standard of quality and an expected performance. Recent maintenance programs (annual program) of UUTPK Belawan are planed by considering improvement needs of the occurred ciamages proposed by a branch based on an initial inspection, whereas rutttin 11111i11101(117Ce fin' prevention has not been seriously conducted, especially on port's .facilities. The maintenance program for the facilities has not been planed according to the operational needs and an expected service level. Maintenance is a part of value chain in operational process from UUTPK Belawan so that it needs to be controlled. (inc of activities for controlling is evaluating the maintenance program that it will expose the occurred problem and identify factor-causing ineffectiveness of maintenance program in UUTPK Belawan, Port of Indonesia I. Maintenance evaluation was conducted by using qualitative and quantitative analysis method for indicator/ratio of performance realization and correlation, flow chart process for explaining the job process and maintenance procedural system, cause and effect diagram purposed to identify this problem root. Data were collected from various of management reports, interviewing with staff and manager assistant, and directly visiting field. According to the result of evaluation on available data could be concluded that maintenance program of UUTPK Belawan has not an effectively performed for supporting quality of service. Some cause factors are company policy, maintenance procedural system, human resources, weakness in budgeting and limited budget. Based on the evaluation, the cause factors need some correction and improvements to the cause factor in order to increase the effectiveness and the service quality.

Kata Kunci : Manajemen Pemeliharaan, Maintenance Management, Pemeliharaan Fasilitas Pelabuhan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.