Kajian bauran pemasaran perusahaan multinasional PT. Procter
CAHYONO, Danang, Ir. Hilman Najib, MA
2002 | Tesis | Magister ManajemenSebagai sebuah perusahaan consumer goods multinasional yang telah benrsia hampir 200 tahun, Procter & Gamble telah menjadi sebuah legenda tersendiri di dunia marketing international. Dapat dilihat dari produk-produk Procter & Gamble yang tersebar di seluruh dunia dan hampir selalu menjadi market leader di setiap kategori dimana Procter & Gamble berkompetisi. Indonesia sebagai sebuah pasar yang sangat potensial bagi barang apapun dan perusahaan manapun untuk dikuasai, mengingat jumlah penduduknya yang sangat besar maupun kebutuhannya yang sangat beraneka ragam, menarik Procter & Gamble untuk turut berusaha menguasai pasar di Indonesia melalui sebuah akuisisi Richardson Vicks Indonesia. Dengan nama besarnya, maka PT. Procter & Gamble Indonesia sangat optimistis untuk dapat berbicara banyak di Indonesia. Tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena di Indonesia telah ada pemain kawakan di pasar consumer goods, baik yang multinasional seperti Unilever maupun pemain lokal seperti Wings. Tantangan ini menjadi bertambah berat karena keragaman masyarakat Indonesia dan membutuhkan pengetahuan yang dalam serta pendekatan yang spesifik untuk dapat memahami serta memenuhi dan memuaskan kebutuhan mereka tersebut
Procter & Gamble as a multi national consumer goods company with almost 200 years presence in the world, has became one of the legend in the international marketing. Those can be seen by its products, which we can found all around the world and almost always become a market leader in every category that they compete in. Indonesia is a very potential market for every product and every company to conquer of, because of the huge population and its very differentiated needs. Procter & Gamble is very interest to enter Indonesia market and did that by acquire Richardson Vicks Indonesia. With the big name of Procter & Gamble, PT. Procter & Gamble Indonesia very optimistic can conquer the Indonesia market. But, in the reality it's not as easy as they think, because there already the giant old player, such as Unilever that also multi national company and local giant company, like Wings. This obstacle became more challenging because of the differentiated of the Indonesian society and its need deep understanding and specific approach for get to know better and how to Wfill their need and satisfjr them with all of our products. Keywords: Marketing Mix, Multi National Consumer Goods Company
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Bauran Pemasaran