Laporkan Masalah

Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility dengan Menggunakan Pendekatan Stakeholders: Studi Pada PT Pertamina Marketing Operation Region VI

RIZKY AGRASYAH PUTRA, Iin Mayasari, Dr., M.M., M.Si.,

2016 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Suatu kegiatan tanggung jawab sosial telah diamanatkan oleh Pemerintah Indonesia terhadap badan usaha berbentuk PT di Indonesia. Stakeholders sangat memperhatikan tanggung jawab sosial dari suatu perusahaan, apalagi perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri minyak dan gas. Dalam hal ini, Pertamina sebagai perusahaan negara memiliki tanggung jawab sosial besar yang harus dipenuhi kepada stakeholders-nya. Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dapat mendorong terciptanya keberlanjutan bisnis. Pada kasus ini Pertamina khususnya region VI, yakni terdapat unit usaha Marketing dan Operation Region (MOR) VI yang mengaplikasikan teori ini kepada penerapan CSR-nya. Penerapan CSR Pertamina MOR VI tidak hanya diperuntukan untuk memenuhi tanggung jawab kepada stakeholders, tetapi juga mengupayakan terbentuknya situasi kondusif sehingga dapat berdampak positif terhadap keberlanjutan bisnis dan kegiatan operasional Pertamina Region VI di Kalimantan. Pertamina Region VI berkontribusi pada suplai produksi premium, solar, dan minyak tanah sekitar 15%-20% untuk Indonesia. Kegiatan operasional yang vital ini perlu dijaga secara internal maupun eksternal. Secara internal dapat dikontrol secara teknis oleh pihak Pertamina Region VI, namun secara eksternal perlu adanya Stakeholders Management yang cukup efektif. Dalam hal ini, Pertamina MOR VI menerapkan CSR yang dapat berupaya memenuhi tanggung jawab sosial dan menjaga situasi kondusif antara perusahaan dengan stakeholders, sehingga stakeholders mendukung dengan keberadaan Pertamina di Kalimantan melakukan kegiatan bisnis. Tesis ini menganalisis secara deskriptif dengan menggunakan konsep Stakeholders Approach untuk menganalisis strategi Pertamina MOR VI menerapkan CSR di Kalimantan. Wawancara mendalam dilakukan dengan pihak-pihak yang terkait dalam penerapan CSR Pertamina MOR VI, dengan mengacu pada konsep-konsep Stakeholders Approach. Informasi dikumpulkan dan nantinya akan dikelompokkan, sehingga dapat dilakukan analisis dari strategi Pertamina MOR VI menerapkan tanggung jawab sosial perusahaanya di Kalimantan.

Social responsibility activities have been mandated by the Government of Indonesia to the form of business entity PT in Indonesia. Stakeholders are very concerned about the social responsibility of a company, especially the company which is engaged in the oil and gas industry. Pertamina as the state company has a great social responsibility that must be fulfilled to its Stakeholders. The implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) could encourage the creation of business sustainability. In this case in particular Pertamina region VI, that there is a business unit of Marketing and Operation Region (MOR) VI who applied this theory to the implementation of their CSR. The implementation of Pertamina MOR VI CSR is not only intended to fulfill responsibilities to stakeholders, but also seek the establishment of a conducive situation so that it can have a positive impact on the sustainability of the business and operations of Pertamina's Region VI in Kalimantan. Pertamina's Region VI contribute to the production supply premium, diesel, and kerosene by about 15% -20% for Indonesia. This vital operations need to be maintained internally and externally. Internally can be technically controlled by Pertamina Region VI, but externally it needs to be a sufficiently effective Stakeholders Management. In this case, Pertamina MOR VI implementing CSR seeks to fulfill its social responsibility and maintains conducive situation between the company and stakeholders, so that stakeholders support the existence of Pertamina in Kalimantan doing business. This thesis analyzed descriptively by using the concept of Stakeholders Approach to understand how to Pertamina MOR VI implement CSR in Kalimantan. In-depth interviews with the parties in the implementation of CSR Pertamina MOR VI was executed, with reference to the concepts of Stakeholder Approach. Information is collected and will be grouped, so it can be analyzed from how Pertamina MOR VI has implement corporate social responsibility in Kalimantan.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, stakeholders