Laporkan Masalah

INDIVIDUAL RESERVATION SYSTEM IN JAYAKARTA YOGYAKARTA HOTEL & SPA

DIMAS MUSLICH S, Tri Nuraniwati, S.S., M.A.

2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Tujuan penulis membahas tentaig Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa adalah untuk mengetahui profil Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa yang merupakan hotel berbintang empat dan tergolong hotel yang cukup lama berdiri di Yogyakarta dan untuk mengetahui sistem reservasi individu via telepon. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi yang dilakukan penulis selama magang di Hotel Jayakarta Yogyakarta selama 2 bulan, melakukan interview dengan beberapa staff yang bekerja di Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa dan melakukan kajian pustaka. Sistem kerja reservasi individu di Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa meliputi: menjawab telepon, memberi informasi kamar yang tersedia dan harga kamar, menanyakan identitas tamu dan kamar yang dipesan, mengecek pembayaran, mengisi formulir reservasi dan memasukkan data tamu ke sistem komputer dan mengkonfirmasi pemesanan kamar. Karyawan reservasi di Hotel Jayakarta Yogyakarta memiliki kinerja yang baik dalam menjalankan tugasnya karena setiap karyawan reservasi memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, ketelitian, kesabaran, dan dapat bekerja dalam tim. Kata kunci: Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, sistem kerja, reservasi individu.

The paper aims to discuss the profile of the Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, which is a four-star hotel and a long-standing hotel in Yogyakarta, and to analyze the individual reservation system by telephone done in the hotel. The methods used by writer are observation during an internship at the Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa for 2 months, doing interview with some of the staffs who work in Jayakarta Hotel Yogyakarta and library research. In conclusion, the working system of reservation consists of answering telephone, giving information on the available room and rate room, asking guest identity and room, checking payment, making reservation form and inputing to system and making a reservation confirmation. Reservation staff at Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa has to perform their job professionally because they have good communication skill, accuracy, patience, and good ability to do team work Keywords: Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, working system, individual reservation

Kata Kunci : Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, working system, individual reservation