Analysis of International marketing strategy :: A Case study of PT Dan Liris Solo Indonesia
YUDA, Erika, Drs. Ahmad Djamli, MA
2002 | Tesis | Magister ManajemenTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentiJkasikan strategi pemasaran internasional yang digunakun PT Dan Liris dalam mendistribusikan produknya, untuk menganalisa factor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman bagi perusahaan, dan untuk mengevaluasi pelakasanaan strategi pemasaran internasional perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian descriptive yang menggambarkan kondisi PT Dan Liris baik kondisi internal maupun kondisi eksternal, yang dihadapi perusahaan. Alat yang digunakan untuk menganalisa adalah Analisa SWOT (Pearce and Robinson, 1994). Hasil dari analisa SWOT memperlihatkan bahwa perusahaan fnemiliki kekuatan (0.82) dan menghadapi ancaman (-0.13). Ini berarti posisi perusahaan berada pada kuadrant 11 menyokong strategi diversijikasi. Strategy perusahaan sekarang: Focus-Differentiation, tidak cocok dengan kemampuan perusahaan dalam menghadapi kondisi eksternal pada saat ini. Strategi pamasaran internasional yang digunakan sekarang cenderung bertahan (SWOT matrix: cell N) karena sempitnya daya saing yang hanya beroperasi di produksi pemesanan. PT Dan Liris Solo seharusnya tidak hanya bertahan, karena hasil evaluasi menunjukkan bahwa perusahaan memiliki banyak kekuatan dibandingkan kelemahan yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi diversijikasi. Akhirnya, strategi yang cocok untuk melaksanakan strategi diversijikasi adalah strategi concentric diversijication dengan memproduksi produk selain garmen tapi dengan bahan dasar kain. Produk itu bisa berupa handuk, selimut, dan sarung bantal, dll. Produk ini masih memiliki teknologi yang sama dan jalur pemasaran yang sama dengan garmen.
The objective of this research are to identi3 the international marketing strategy that have been used by PT Dan Liris in distributing the products, to analyze the factors that become the strengths, weaknesses, opportunities, and threats for the company, and to evaluate the implementation of the company’s international marketing strategy. This research is descriptive research describing the condition of PT Dan Liris Solo either the internal condition and also the external, faced by the company. The tool that used for the analysis is SWOT Analysis (Pearce and Robinson, 1994). The result @om the SWOT analysis shows that the company possess the strength (0.82) and face the threats (-0.13). It means that the position of the company is in cell 11 support a diversification strategy. Current company’s strategy: Focus-Differentation, does not appropriate with company’s core competencies in facing the external condition due to the circumstances. Current international marketing strategy tends to defend (in SWOT matrix :cell IV) because of the narrow competitiveness that only operates in business market with job order production. PT Dan Liris Solo should not just defend because the result of the evaluation shows that the company posses more strengths than weaknesses that can be used to implement the diversification strategy. Finally, the best strategy to implement the diversification strategy is concentric diversification strategy by producing products other than garment but still have basic ingredients that are grey. The products can be towel, bed cover, blanket, and cover pillow, etc. This product still possess the same technology and marketing channel with garments.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Distribusi Produksi, marketing strategy; SWOT Analysis; key success factors