Laporkan Masalah

ANALISIS SISTEM DISTRIBUSI BBM BAGI PELANGGAN RETAIL DI PT PERTAMINA (PERSERO) TBBM BALONGAN

YASI YASSIRLI, Paramita Her Astuti,S.E, M.Sc

2016 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SV

Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui bagaimana sistem distribusi yang dilakukan pada PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak Balongan. TBBM Balongan merupakan terminal penyaluran minyak. Tiga kategori penyaluran yang dilakukan untuk konsinyasi, untuk pelanggan retail dan industri, dimana Pertamina selalu di tuntut pemerintah untuk menyalurkan minyak tanpa terhambat proses distribusinya agar tidak terjadi kelangkaan BBM. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara dan pengamatan langsung ke lapangan. Narasumber terdiri dari admin dibagian Sales Service (Didin Afiyuddin), Supervisor Distribution (Ari Ardiansyah), petugas Dispatcher (Toto Heryawan), petugas Patra Niaga (Bani Solihun), Awak mobil tanki (Selamet Riyadi), petugas pengawas SPBU (Runengsih), dan pegawai SPBU (Zainal Abidin). Pengamatan dan wawancara dilakukan pada waktu yang berbeda namun secara berkesinambungan dalam kurun waktu dua bulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, sistem distribusi yang dilakukan menggunakan saluran distribusi Produsen-Pengecer-Konsumen untuk memnuhi kebutuhan bahan bakar minyak bagi masyarakan di wilayah tiga Cirebon. Sebelum dilakukan penyaluran pelanggan harus melakukan penebusan Sales Order dan permintaan pengiriman. Kegiatan utama dalam penyaluran melalui tiga tahap yaitu tahap plotting, gate in dan gate out. Kegiatan penyaluran sudah terintegrasi oleh sistem yang memberikan manfaat efisiensi bagi karyawan. Meskipun dalam seluruh aktivitas distribusi sudah tersistem menggunakan teknologi dengan ketat namun pada kenyataannya sering terjadi loss barang hingga ke tempat SPBU. Hal ini perlu dilakukan pengawasan yang baik dari internal perusahaan agar tidak mengecewakan pelanggan.

This study was conducted to know the how the distribution system is done at PT Pertamina Fuel Terminal Balongan. TBBM Balongan an oil distribution terminal. Three categories of distribution is done for consignment, for retail and industrial customers, where Pertamina always in demand the government to distribute oil without hampered the distribution process to prevent fuel shortages. In this research using interviews and direct observation in the field. Resource consists of admin section Sales Service Didin Afiyuddin, Supervisor Distribution Ari Ardiansyah, officers Dispatcher Toto Heryawan, officers Patra Niaga Bani Solihun, crew tank car Slamet Riyadi, inspectors gas stations Runengsih, and gas station employee Zainal Abidin. Observations and interviews were conducted at different times, but on an ongoing basis over a period of two months. Based on the results of research conducted, the distribution system is done using distribution channels Manufacturer Retailer Consumer to meet their fuel needs for the Community in the area of three Cirebon. Prior to distribution customers must redeem Sales Order and delivery requests. The main activity in the distribution through three phases: plotting, gate ins and gate outs. Distribution activities have been integrated by systems that provide efficiency benefits for employees. Although the entire distribution activity already tersistem use the technology in a tight but in reality it often happens loss of goods up to a gas station. It is necessary to supervise the good of the company's internal order not to disappoint the customer.

Kata Kunci : Distribusi, Penebusan, Permintaan Pengiriman, Plotting, Gate In, Gate Out