Evaluasi kinerja organisasi berdasarkan kriteria Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA) di PT Sucofindo (Persero)
PURNOMO, Budi, Drs. Agus Achyari, MBA
2002 | Tesis | Magister ManajemenMalcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) merupakan penghargaan mutu untuk organisasi bisnis di Amerika Serikat, yang sistem pengukurannya sangat mudah dan efektif, dan dikemas dalam bentuk daftar tanya. Hasil pengukuran MBNQA berupa skor untuk setiap kategori persyaratan yang meliputi aspek: kepemimpinan, perencanaan strategik, pelanggan dan pasar, analisis dan informasi, manajemen proses, sumber daya manusia dan hasil-hasil bisnis. PT Sucofindo (Persero), merupakan salah satu organisasi bisnis di Indonesia yang telah menerapkan daftar tanya MBNQA untuk mengukur kinerja organisasi secara menyeluruh dan hasilnya digunakan sebagai indikator dan panduan untuk menjadi organisasi kelas dunia (Visi Sucofindo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT Sucofindo (Persero) pada tahun 2001 berdasarkan kriteria MBNQA. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data pengukuran kriteria MBNQA sejak tahun 1997 sampai dengan 2001 kemudian membandingkan dengan skor MBNQA standar pada organisasi yang memiliki kinerja kelas dunia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBNQA dapat merefleksikan kinerja organisasi secara komprehensif. Kinerja PT Sucofindo (2001) berdasarkan kriteria MBNQA masih menunjukkan kesenjangan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan kinerja organisasi kelas dunia.
Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) is a quality award for business organizations in United State. Assessment system of MBNQA is simple and effective, using a checklist. Result of MBNQA is a score of each category requirements, such as: leadership, strategic planning, customer and market, analysis and information, management process, human resource, business results. PT Sucofindo (Persero) is one of an Indonesian business organization, which implements MBNQA criteria to measure their performance. Its result of measurement is an indicator and guidance for Sucofindo to become a world-class company (Sucofindo's vision). The Objective of this research is to evaluate sucofindo's performance in 2001 based on MBNQA's criteria. Research was done by collecting data of MBNQA score of Sucofindo since 1997 to 2001. These score compared with MBNQA's score of world-class performance. Result of this research shown that assessment using MBNQA can reflecting the organization's performance in comprehensive manner. PT Sucofindo's performance in year 2001 'based on MBNQA's criteria shown significant gap with world-class companies' performance.
Kata Kunci : kategori, persyaratan item, skor, kriteria dan kinerja, category, item requirement, score, criteria and performance