Laporkan Masalah

Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Pertamina TBBM Rewulu (Studi Mengenai Program Pembinaan KPI Varia Mina Makmur di Padukuhan Pereng Dawe, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman)

DENNY IRAWAN TRI HUTOMO, Dr. Hempri Suyatna, S.Sos, M.Si

2016 | Skripsi | S1 ILMU PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN (SOSIATRI)

Corporate social responsibility (CSR) adalah sebuah program dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dalam operasi bisnis mereka. PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Rewulu Yogyakarta sebagai perusahaan BUMN ikut berperan aktif melalui program Corporate Social Responsibility-nya terhadap pemberdayaan masyarakat yang berada di sekitar kawasan perusahaan. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanana implementasi Program CSR Pembinaan KPI Varia Mina Makmur yang dilaksanakan oleh PT. Pertamina (Persero) TBBM Rewulu dan sejauh mana dampak implementasi Program CSR Pembinaan KPI Varia Mina Makmur terhadap perkembangan usaha anggota KPI Varia Mina Makmur. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Lokasi penelitian pada PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Rewulu yang berlokasi di Jl. Wates Km 9,5 Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta dan anggota KPI Varia Mina Makmur yang berlokasi di Padukuhan Pereng Dawe, Balecatur, Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Adapun pengambilan informan menggunakan purposive sampling, informan dalam penelitian ini yakni 10 anggota KPI Varia Mina Makmur dan triangulasi kepada Pihak Perusahaan PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Rewulu melalui tim CDO. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program CSR yang diterapkan oleh PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Rewulu melalui lima fase, yakni fase identifikasi, fase dimana pemetaan sosial dilakukan oleh Pertamina Rewulu dan PSdK UGM untuk mengetahui potensi yang ada di lingkungan masyarakat khususnya ring satu. Fase persiapan dan analisis, fase dimana merancang sistem pelaksanaan CSR seperti memilah program atau menetapkan tujuan program. Fase persetujuan, fase dimana Pertamina Rewulu memaparkan hasil identifikasi dan analisis mengenai pemetaan sosial. Fase implementasi, fase dimana dimulai FGD bagi program yang terpilih, program dibuka dan berjalan dengan adanya monitoring per kegiatan. Fase evaluasi, fase tahap akhir untuk menilai kualitas program yang dijalankan secara berkala. PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Rewulu dalam melaksanakan Program CSR pada tahun pertama pelaksanaan bekerja sama dengan Perikanan UGM, Tahun kedua & sampai dengan sekarang bekerja sama dengan Lembaga Joglo Tani Implementasi program CSR PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Rewulu memberikan dampak positif terutama dalam meningkatkan hasil panen dan pendapatan anggota KPI Varia Mina Makmur. Selain memberikan dampak peningkatan hasil panen dan pendapatan para anggota KPI Varia Mina Makmur, anggota KPI Varia Mina Makmur juga memperoleh ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman dari program pelatihan dan kunjungan usaha. Pelatihan manajemen usaha dan kelompok misalnya, dengan pelatihan itu anggota KPI Varia Mina Makmur merasa ilmu pengetahuan mereka dalam manajemen usaha dan pembuatan administrasi yang lebih baik.

Corporate social responsibility (CSR) is a program whereby companies integrate social concerns in their business operations. PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Rewulu Yogyakarta as state-owned enterprises to actively participate through its Corporate Social Responsibility to the empowerment of people living around the area of the company. In this regard, this study aims to determine bagaimanana implementation of CSR Development Program KPI Mina Varia Makmur conducted by PT. Pertamina (Persero) TBBM Rewulu and the extent of the impact of the implementation of CSR Development Program KPI Mina Varia Makmur to the development of member businesses KPI Mina Varia Makmur. The method used is qualitative method with descriptive approach. Location of research at PT. Pertamina (Persero) Rewulu Fuel Terminal, located on Jl. Sedayu Wates Km 9.5, Bantul, Yogyakarta and KPI member Varia Mina Makmur located in Pedukuhan Pereng Dawe, Balecatur Village, Gamping District, Sleman, Yogyakarta. The decision informants using purposive sampling, informants in this study that 10 members of IBC Varia Mina Makmur and PT triangulation to the Party. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Rewulu through CDO team. Data collection techniques using observation, interviews, and literature. These results indicate that the implementation of CSR programs implemented by PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Rewulu through five phases, namely the identification phase, the phase where social mapping done by Pertamina Rewulu and PSDK UGM to know the potential that exists in the community, especially the ring one. Preparation and analysis phase, the phase in which the system designing CSR activities such as sorting program or set program goals. Approval phase, the phase in which Pertamina Rewulu describes the identification and analysis of social mapping. Implementation phase, the phase in which the starting FGD for the selected program, the program opens and runs the monitoring per activity. Evaluation phase, the phase of the final stage to assess the quality of the programs that run periodically. PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Rewulu in implementing CSR programs in the first year of implementation in collaboration with Fisheries UGM, the second year and up to now in collaboration with the Institute Joglo Tani. Implementation of CSR program PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Rewulu a positive impact, especially in improving crop yields and incomes member KPI Mina Varia Makmur. In addition to providing the effects of increasing yields and incomes of the members KPI Mina Makmur Varia, Varia KPI member Mina Makmur also acquire knowledge, skills and experience of the training program and business visit. Business management training and group, for example, with the training of the members of KPI Varia Mina Makmur feel their knowledge in business management and manufacturing of better administration. Key Words : Implementation, Empowerment, CSR, Impact

Kata Kunci : Implementasi, Pemberdayaan, CSR, Dampak

  1. S1-2016-282827-abstract.pdf  
  2. S1-2016-282827-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-282827-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-282827-title.pdf