Evaluating the strategy implementation at PT Superveyor Indonesia
YOGAMA, Andri, Dr. Hani Handoko, MBA
2002 | Tesis | Magister ManajemenKondisi perekonomian di Indonesia yang sedang mengalami krisis berpengaruh terhadap kelangsungan dunia usaha, termasuk terhadap perusahaan yang bergerak di bidang jasa seperti PT Surveyor Indonesia (PT SI). Untuk menghadapi kondisi tersebut, PT SI telah melakukan perubahan inendasar atas strategi yang ada agar lebih mampu bersaing di bidang jasa surveyorship. Pemilihan strategi tersebut telah melalui pemkiran yang mendalam yang melibatkan seluruh komponen perusahaan. Perubahan atas strategi tersebut memiliki implikasi yang sangat kompleks terutama dari sisi internal perusahaan. Adanya sikap penolakan atau penerimaan atas strategi baru tersebut sangat ditentukan oleh keberhasilan manajemen dalam mengimplementasikan strategi tersebut. Berdasarkan pemikiran tersebut, thesis ini ditulis untuk mengevaluasi seberapa jauh manajemen mampu menjabarkan dan mengimplentasikan strategi yang tertulis ke dalam kehidupan operasional perusahaan ' sehari-hari. Tingkat keberhasilan implementasi strategi tersebut dapat diketahui melalui kinerja perusahaan. Tujuan akhir dari analisis ini adalah untuk mengetahui sampai dimana manajemen berhasil mengimplementasikan strategi baru tersebut dan letak kekurangan dari implementasi tersebut apabila terdapat hambatan. Untuk melakukan analisa mengenai implementasi strategi tersebut digunakan metode dari Thompson dan Strickland (1999) dan fiamework dari Schmidt (2000). Dari hail analisa atas implementasi strategi tersebut diketahui bahwa manajemen PT SI sendiri tidak memiliki komitmen yang mendalam dan ikut serta dalam proses implementasi. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat pertentangan dalam tubuh manajemen atas proses strategi sehingga strategi baru tersebut belum dapat memberikan hasil yang diinginkan. Oleh karen itu di bagian akhir thesis penulis telah merekomendasikan sejumlah ide yang dapat digunkan oleh perusahaan untuk meningkatkan pencapaian atas tujuan implementasi strategy baru tersebut
Indonesian crisis economic currently has strong effect to the company existence, including the service company as PT Surveyor Indonesia (PT SI). In accordance to that condition, PTSI had made the fbndamental changes in its strategy in getting the favor condition to compete in surveyorship services market. That strategy had developed and choosen carefully involving the entire company component. The strategy changes had the complexity implication to the company lifecycle. Internally, the strategy changes had influenced the existing company culture. There are two manner of employee position in facing the strategy changes, rejected and accepted. Those two kmds of manner for the strategy changes are ditentukan on the successli strategy implementation by management. Based on that thought, this thesis is written to evaluate how effective the management explaining and implementing the written strategy into day life company operation. Degree of strategy implementation could be, seen in the company performance evaluation report. The final goal of the analysis is to understand how effective manaement could implement the new strategy and to know what the weaknesses of the implementation process if any. The analysis is conducted using Thompson and Strickland (1999) method and an evaluation framework for sn implemented strategy fiom Schmidt (2000). The result of the analysis on PTSI strateg implementation had shown that PTSI management had no strength commitment to and had no follow through the strategy implementation process. This is shown that there is still a dispute between managers in supporting the implementation process that make the new strategy did not give the best results. Therefore, at the end of the thesis writer has recommended some new ideas that the company can adopt in order to increase its achievement of strategic desired results
Kata Kunci : Strategi Perusahaan, Manajemen, strategy, service, culture, leadership, performance measurement system, vision and mission, restructure, conformity, management commitment.