Manajemen Media Online Berbasis Radio (Studi Kasus Manajemen Redaksional suarasurabaya.net)
LARAS PUTRI MAKSWARIE, Wisnu Martha Adiputra, SIP,M.Si
2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASISeiring dengan berkembangnya zaman, kemajuan teknologi yang semakin murah dan kemudahan memperoleh akses internet yang semakin berkembang membuat khalayak dapat dengan mudah untuk mengkonsumsi informasi. Suara Surabaya merupakan perusahaan yang awalnya bergerak di bidang radio, SSFM, dari tahun 1983 akhirnya merambah ke media online (suarasurabaya.net) di tahun 2000 agar dapat dinikmati oleh khalayak dengan menggunakan berbagai platform. Pada awal mula pembentukan website suarasurabaya.net hanya berisi radio streaming, radio on demand, dan konten dari radio dikarenakan fungsi website untuk mempermudah jangkauan siar radio saja. Namun, di tahun 2013 mulai dibentuk divisi new media agar dapat mengelola website suarasurabaya.net sehingga konten-konten website dapat bervariasi dan berkembang menjadi web portal. Semenjak saat itu, web suarasurabaya.net memiliki beragam konten sehingga dapat bersaing dengan media online lainnya, terutama dari media online berbasis radio. Tentu hal ini tidak bisa lepas dari manajemen yang telah dilakukan oleh divisi new media Suara Surabaya. Penelitian ini bermula yakni ingin menganalisa cara-cara Suara Surabaya, terutama divisi new media melakukan manajemen media online berdasarkan empat elemen dalam konsep manajemen: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan koordinasi, serta kontrol dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajamen media online suarasurabaya.net berjalan normal dan efektif.
Along with the development of the days of the technological advances that are increasingly cheap and easy to obtain internet access is growing make audiences can easily to consume the information. Suara Surabaya is the company that based on the radio, SSFM, from 1983 finally spreads to the media online (suarasurabaya.net) in 2000 so that can be enjoyed by audiences using a variety of platforms. At the beginning of the formation of suarasurabaya.net website contains only streaming radio, radio on demand and content from the radio due to the function of the website to make it easier to reach the radio broadcast reaches only. But, in 2013 start formed the division of the new media in order to manage the website suarasurabaya.net so that the content of the website content can vary and developed into a portal web. Since that time, web suarasurabaya.net has a wide variety of content that can compete with other online media, especially from the media online based on the radio. Of course this could not be separated from the management that has been done by the division of the new media Suara Surabaya. This research began even want to analyze the ways of Suara Surabaya, especially the division of the new media do online media management based on the four elements in the concept of the management: planning, organizing, guidance and coordination and control and evaluation. The results of this research showed that the development of online media suarasurabaya.net normally and effective.
Kata Kunci : internet, konvergensi media, manajemen media online, radio online