STRATEGI PROMOSI HOTEL CIPUTRA WORLD SURABAYA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MELALUI PRODUK MICE (MEETING, INCENTIVE, CONVENTION, EXHIBITION)
DEA PRASTYCA, Prof. Dr. Marsono, S.U.;Widyarini Wirjono, S.E., M.M.
2016 | Skripsi | S1 PARIWISATAMICE atau yang biasa disebut Meeting, Incentive, Convention, Exhibition merupakan wisata minat khusus berupa kegiatan pertemuan yang diselenggarakan oleh individu atau instansi tertentu. Salah satu tempat yang dapat mengakomodasi kegiatan ini adalah meeting room / ballroom pada Hotel Ciputra World Surabaya. Namun, selama satu tahun hotel ini berdiri produk MICE yang dimiliki masih kurang produktivitasnya untuk meningkatkan pendapatan. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat penggunaan ruangan MICE hotel yang masih di bawah 50 persen, dan pendapatan yang masih fluktuatif dalam mencapai target penjualan. Kurangnya promosi untuk produk ini dianggap sebagai salah satu penyebab dari pendapatan produk MICE. Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan produktivitas produk MICE tersebut, maka diperlukannya analisis mengenai strategi promosi yang tepat pada target pasar dengan menggunakan teori segmentasi, targeting, positioning (STP), dan strategi promosi menggunakan promotional mix yang terdiri dari : periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat (public relation). Penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui gambaran produk MICE dan strategi promosi Hotel Ciputra World Surabaya guna meningkatkan pendapatan hotel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini berdasarkan teori STP dan promotional mix adalah strategi promosi yang dilakukan oleh Hotel Ciputra World Surabaya terhadap produk MICE masih tergolong kurang jika dibandingkan dengan produk lain yang ada di hotel ini. Namun, kegiatan personal selling dan promosi penjualan dianggap paling mampu mempengaruhi tiga target pasar utama yaitu : perusahaan, instansi pemertintahan, maupun kelompok individu untuk menggunakan produk MICE. Sedangkan bentuk promosi periklanan produk MICE Hotel Ciputra World Surabaya yang memuat informasi produk tersebut kurang maksimal, karena didominasi oleh produk kamar dan restoran hotel. Begitu juga dengan bentuk promosi melalui kegiatan public relation yang dianggap kurang berpengaruh karena tujuan dari kegiatan tersebut hanya untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai keberadaan hotel, bukan mengenalkan produk hotel secara spesifik.
Meeting, Incentive, Convention, Exhibition or commonly abbreviated as MICE is a form of special interest tourism which specialized on meetings and gathering activities organized by individuals or certain institutions. One of the places that can accommodate this form of activity is the meetingrooms and ballrooms at the Hotel Ciputra World Surabaya. Unfortunately, since the hotel established for a year, the sales of MICE product are still less productives to increase hotel revenue. It can be seen from the level of MICE hotel rooms booked which are still below 50 percent from total rooms., and the revenues are still fluctuative in achieving the sales targets. The lack of product promotion is considered as one of the main causes of the product revenue. Therefore, in order to improve the productivity of MICE product, then the need of an analysis about the appropriate promotional strategy on target market by applying the theory of segmentation, targeting, and positioning (STP), and promotional strategy by applying the promotional mix consisting of : advertising, personal selling, promotion sales, and public relations. This research constitutes a qualitative method with the aim to find out the description about MICE products and the promotional strategies of Hotel Ciputra World Surabaya to increase hotel revenue. The method used in this research including literature study, observations, and interviews. The result of this research according to the theories of STP and promotional mix is promotional strategy carried out by Hotel Ciputra World Surabaya on MICE products are still poor when compared to other existing products in this hotel. However, the personal selling activities and sales promotion are considered as the most able to influence the three of primary target market, i.e. : the companies, goverment institutions, and a group of individuals to use the MICE products. Where as the form of promotional advertising MICE products of Hotel Ciputra World Surabaya containing of product information is less than maximum because it is dominated with products of the rooms and restaurants. As well as the form of promotion through public relations activities that are considered less influential because the purpose of these activities is only to inform the public about the existence of the hotel, not to introduce the hotel product specifically.
Kata Kunci : MICE, wisata minat khusus, strategi promosi, promotional mix, bauran promosi, target pasar, STP.