Laporkan Masalah

Persepsi harapan pengguna jasa terhadap kebijakan perubahan tarif pelayanan jasa kapal dan dermaga pelayaran rakyat Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya

SUGIJONO, Dedy Agus, Dr. BM. Purwanto ,MBA

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengethi persepsi pengguna jasa terhadap perubahan tarif di pelayanan kapal pelayaran mat. Metode Analisis yang dipergunakan berbentuk regresi linier berganda dan tunggal dengan menggunakan tiga model andisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada model analisis I variabel bebas yang mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap perubahan variabel dukungan terhadap perubahan tarif adalah variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel harapan ( P 5 0,05 ) dan variabel kepedulian perusahaan terhadap konsumen mmpunyai pengaruh secara signiaan terhadap kualitas pelayanan ( P 5 0,lO ). Model Analisis I11 variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pembahan variabel kepuasan ( P 5 0,05 ). Berdasarkan hasil penelitian dapat dilalcukan peningkatan kualitas pelayman dengan cara mengidentifikasi pelanggan yang tidak puas, menemukan pengharapan atau kebutuhan pelanggan untuk pelayanan, memantau dan menelusuri performa pelayanan, menilai h e r j a perusahaan secara menyeluruh dibandingkan dengan kinerja sebelunnya, mengukur efektifitas perubahan dalam menyampaikan pelayanan. Dengan tercapainya tersebut diatas peningkatan penggunaan tambatan di Dermaga Kalimas terlaksana, dan dapat membenkan suatu produk pelayanan yang mempunyai nilai kualitas tinggi, serta dapat tercapai tingkat kepuasan konsumen dengan memberikan keseimbangan dalam melayani masyarakat melalui penyesuaian kondisi yang ada pada tingkatan masyarakat untuk memperoleh manfaat dari segi s o d .

The purpose of the research is intended to know a perception users for change of tarif from the ship's services of traditional shipping. This research used experimental is linier regression of one and doubles in three analysis model. The research shows, that in Analysis Mode I, a fiee variable which has a significant affect to the change of supporting variable to the tariEs change is perceptional variable of tariff changing, in the other hand, Analysis Mode I1 is the change variable of service quahty has a significant affect to expectation variable ( P I0,0 05 ) and the variable of the corporate's attention to users has a significant affect to the Senice quality ( P 5 0, 10 ). And than, Analysis Mode 111 is variable of service quality has a significant affect for change of satisfaction variable ( P 5 0,05 ). Based on the result of this research, we can do to the increase of service quality with methods are identify of customer isn't satisfy, to find expectation or consumer necessity , to observe and retrieval of service performing, to evaluate performing of the whole company for making compare to the previous corporate performance's, and the last is to measure the change of effectiveness to give services. Having reached the above aims, the using of Kalimas Berth will increase and it will give a highly quality product service and also reach the consumer satisfaction with a balanced people service by prompting the existing condition of any level people in order to have social usage.

Kata Kunci : Persepsi Konsumen,Perubahan Tarif,Pelayaran, Linier regression, Perception, Service, siqnijicant


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.