Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR EMPLOYER BRANDING PERSEPSIAN:STUDI PADA MAHASISWA MM UGM

RIA MARGININGSIH, Gugup Kismono, M.B.A., Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Menarik dan mempertahankan karyawan merupakan masalah penting bagi setiap perusahaan. Setiap organisasi perlu mengetahui berbagai variasi ketertarikan karyawan dan calon karyawan pada setiap faktor-faktor employer branding untuk meningkatkan strategi manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini ditujukan untuk melihat faktor-faktor employer branding yang menarik bagi para pencari kerja. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengidentifikasi perbedaan ketertarikan pada setiap faktor-faktor employer branding berdasarkan generasi (generasi X dan Y) dan gender (laki-laki dan perempuan). Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kuantitatif melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan tidak langsung. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 212 mahasiswa Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada. Dari hasil penyebaran kuesioner, terdapat 201 kuesioner yang kembali dan sebanyak 185 kuesioner dinyatakan layak untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil uji beda independent t-Test, hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang tidak signifikan berdasarkan generasi dan gender pada faktor-faktor employer branding. Berdasarkan generasi skor rata-rata responden generasi X lebih besar dibanding generasi Y, kecuali pada item 1, 2, 4, 5, 9, 17, 18, 20 dan 22. Sedangkan berdasarkan gender, skor rata-rata responden perempuan lebih besar dibanding reponden laki-laki, kecuali pada item 3, 4, 8, 17, dan 21.

Attracting and retaining employees is an important issue for any company. Every organization needs to know a wide variety of employees' interests and prospective employees on any factors of employer branding to improve human resource management strategy. This study aimed to look at the attractive of employer branding factors for job seekers. This study was also conducted to identify the distinction in interest to each factors of employer branding based on generation (generation X and Y) and gender (male and female). This study is quantitative research methods through questionnaires directly and indirectly. The numbers of respondents involved in this study were 212 students of Master of Management Gadjah Mada University. From the results of questionnaires, there were 201 questionnaires were returned and as many as 185 questionnaires declared eligible for further analysis. Based on the results of different test of independent t-test, the results of this study showed that no significant difference based on the generation and gender of employer branding factors. Based on the generation respondents, the average score of generation of X is greater than generation of Y, except on items 1, 2, 4, 5, 9, 17, 18, 20 and 22. Meanwhile, based on the gender, the average score of female respondents is greater than male respondents, except on items 3, 4, 8, 17, and 21.

Kata Kunci : employer branding, employer attractiveness, generasi X dan Y, gender, karyawan potensial, tujuan karir, manajemen sumber daya manusia