PENGARUH BIBLIOTERAPI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD TERPADU AISYIYAH NUR'AINI YOGYAKARTA
ROSIKHAH AL MARIS, Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D; Akhmadi, S.Kp., M.Kes., M.Kep. Sp.Kom
2016 | Tesis | S2 KeperawatanLatar belakang: Kecemasan masuk sekolah secara sederhana dapat diartikan sebagai bagian dari kecemasan umum akibat rasa takut berpisah dari ibu atau pengganti ibu, dan ketidakmampuan berdiri sendiri. Kecemasan yang dialami oleh anak usia prasekolah akan berisiko mengganggu tumbuh kembang anak. Kecemasan yang teratasi dengan cepat dan baik akan membuat anak lebih nyaman dan lebih kooperatif. Pada anak, membaca merupakan bagian dari fokus perkembangan. Buku mampu mengarahkan anak menjadi lebih mengerti lingkungan dan situasi yang sedang mereka hadapi. Biblioterapi merupakan salah satu bentuk dari terapi yang melibatkan buku untuk membantu anak dengan masalah mental maupun emosi. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh biblioterapi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur'Aini Yogyakarta Metode: Penelitian ini adalah penelitian semu atau quasi experimental dengan pre-test dan post-test design tanpa kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur'Aini Yogyakarta pada bulan September 2015. Besar sampel pada penelitian ini adalah sejumlah 27 responden, yang pada pelaksanaan biblioterapi dibagi menjadi tujuh kelompok kecil. Instrumen pengukuran tingkat kecemasan yang digunakan adalah SCAS (Spence Children's Anxiety Scale) yang ditulis oleh Susan H. Spence tahun 2000. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Terdapat perbedaan mean skor tingkat kecemasan yang signifikan dari pre-test ke post-test dengan p = 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Biblioterapi berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan tingkat kecemasan anak usia prasekolah di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur'Aini Yogyakarta.
Background: Attending school anxiety can be defined as part of common anxiety parted from mother or family. Experiencing anxiety by preschool child aged will risky disturbing children's development and sprouting. Anxiety that handled quickly will make children more comfortable and cooperative. For children, reading is a part of focus development. Book capable of being steered children to more understand the environment and situation the same with they were facing. Bibliotherapy is one form of therapy that involves book to help children with mental or emotional problems. Objective: This research was to identify effects of bibliotherapy on the anxiety level of preschool child at PAUD Terpadu Aisyiyah Nur'Aini Yogyakarta. Methods: This research was a quasi-experimental research using pre-test post-test without control group design. It was conducted at PAUD Terpadu Aisyiyah Nur'Aini Yogyakarta on September 2015. The samples included 27 respondents consisting of seven group during bibliotherapy process. This research employed an instrument, namely Spence Children's Anxiety Scale (SCAS) written by Susan H. Spence. Data were analyzed using Wilcoxon test. Results: There were significant differences in the mean scores of anxiety level from pre-test to post-test p = 0,000 < 0,05. Conclusion: Bibliotherapy does have significant effect on the anxiety level of preschool child at PAUD Terpadu Aisyiyah Nur'Aini Yogyakarta.
Kata Kunci : biblioterapi, kecemasan, anak prasekolah