Konvergensi dan Divergensi Komunikasi Antarbudaya (Studi Proses Konvergensi dan Divergensi Komunikasi Mahasiswa Bugis Di Yogyakarta)
RAHMATUL HIDAYAT, Budi Irawanto, M.A., Ph.D; Drs. Budhy K. Zaman, M. Si
2016 | Tesis | S2 Ilmu KomunikasiStudi proses konvergensi dan divergensi komunikasi mahasiswa Bugis merupakan penelitian yang mengungkap secara detil proses interaksi yang terjadi antara mahasiswa Bugis dengan mahasiswa Jawa. Terdapat banyak penelitian mengenai diaspora Bugis di berbagai perguruan tinggimaupun lembaga penelitian, namun hanya segelintir atau bahkan belum ada yang meneliti secara mendetil mengenai keberhasilan orang Bugis dalam hal beradaptasi dengan budaya yang dominan. Oleh karena itu, tesis ini mengungkap bagaimana proses konvergensi dan divergensi komunikasi mahasiswa Bugis dalam interaksinya dengan mahasiswa Jawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Bugis yang ada di kota Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan data dengan melakukan observasi langsung di lapangan, wawancara, serta dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses konvergensi dan divergensi komunikasi berlangsung sangat dinamis, karena berasal dari latar belakang budaya yang berbeda, yang paling menonjol dalam sikap adaptif yang ditunjukkan oleh mahasiswa Bugis adalah perilaku konvergensi secara bahasa atau verbal. Meskipun begitu, perilaku divergensi tetap muncul dalam interaksi yang mereka lakukan, hal ini terlihat ketika interaksi berlangsung identitas kebugisan mahasiswa Bugis tetap ada baik itu dari segi verbal maupun nonverbal. Sikap akomodasi komunikasi baik secara konvergensi maupun divergensi yang dinamis menjadi cara tersendiri bagi mahasiswa Bugis untuk bertahan dan beradaptasi dengan mahasiswa Jawa yang secara budaya berbeda.
Research of processing convergence and divergence of inter-culture communication regarded with Buginese students isa study of revealing interaction process detailed between Buginese and Jawa students.Diaspora Buginese in previous research which conducted both college and institution was the object of study, but only few of particular presented in the success of Buginese adaptation in culturally dominant. Therefore, this study discloses how a process of convergence and divergence in inter-culture communication of both Buginese and Jawa students undergoes. Method used in this research is qualitative descriptive and phenomenology approach. Subject of study is Buginese students in Jogjakarta. Collected data undertaken by direct observation such as interview, document. A result of study showed that there was dynamic communication during a process of convergence and divergence in inter-culture communication, taking into consideration the fact that Buginese students, having basically different culture with Jawa, was more predominantly adaptivein which Buginese students behaved convergence linguistically and verbally. Notwithstanding, divergence behavior still appeared in Buginese students, this was seen when taking place an interaction that identity called buginese often came on not only verbal aspect, but also nonverbal aspect. With convergence and divergence dynamically, posture in accommodated communication for Buginese student became an exclusive way to be existed in adaption with Javenese students despite distinguished culture.
Kata Kunci : Inter-Culture Communication, Convergencei, Divergence ,Buginese Student